Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

Pusat Parfum

GAMBARAN UMUM USAHA

PUSAT PARFUM

LATAR BELAKANG PEMILIHAN USAHA PUSAT PARFUM

1. Perubahan gaya hidup dimana penampilan adalah segala-galanya.

2. Tiap orang dalam menjaga performance-nya, pasti tidak lepas dari pemakaian parfum.

3. Aroma sejuk, segar, dan bergairah adalah inti penampilan.

4. Produk wewangian yang meningkatkan kualitas rasa kulit dan aroma sedap di bagian tubuh memberi gengsi khusus bagi setiap kultur.

KUNCI SUKSES USAHA PUSAT PARFUM

1. Tempat yang strategis di daerah kampus, sekolah, dan pusat hiburan atau pusat perbelanjaan.

2. Tempat yang nyaman dalam berbelanja atau memilih parfum yang di-display.

3. Pelayanan kepada pelanggan yang baik dan memuaskan.

4. Tempat usaha didesain sedemikian rupa, unik, dan menarik pelanggan untuk singgah bahkan sampai membeli.

5. Harga terjangkau.

6. Terdapat berbagai program diskon untuk event-event tertentu, misal: kenaikan kelas, lebaran, natal, tahun baru, dan event khusus lainnya.

LAYANAN TAMBAHAN YANG PERLU DISEDIAKAN DALAM USAHA PUSAT PARFUM

1. Layanan pembungkusan kado

2. Tips menggunakan parfum yang tepat.

USAHA PUSAT PARFUM

Yang menjadikan usaha ini menjadi special ialah harga parfum yang murah dengan kualitas baik, dengan berbagai pilihan aroma, display yang menarik calon konsumen, dan lokasi usaha yang mudah dijangkau konsumen. Toko Pusat Parfum ini dapat kita bedakan dengan toko lainnya, karena memiliki penampilan yang berbeda dengan toko lainnya serta memberikan kemudahan transaksi bagi calon konsumen. Peralatan-peralatan standar paket usaha Pusat Parfum yang harus disediakan adalah sebagai berikut :

1. Beberapa barang untuk awal pembukaan

2. 300 pcs produk parfum

3. 4 pcs seragam untuk karyawan

4. 6 pcs pin untuk karyawan

5. 1 buah banner

6. 3 buah spanduk

7. Brosur

LOKASI & RUANG

1. Letak Lokasi

Berada di dekat tempat pemukiman penduduk, seperti berada dipinggir jalan utama, lingkungan kampus atau sekolah, pusat perbelanjaan, dan dekat dengan komunitas anak-anak muda.

2. Standar Kebutuhan Ruang

Luas ruang minimum : (lebar) 3.5 m x (panjang) 4 m Note: Ukuran panjang dan lebar dapat sebaliknya.

3. Asumsi kebutuhan ruang:

Ruang display

Ruang administrasi (kasir)

Ruang duduk konsumen

LINGKUP KERJA

Lingkup kerja meliputi :

1. Survey :

Pemetaan pasar

Persaingan

Potensi

2. Sistem :

Pembukuan sederhana

Siklus kerja

SOP (Prosedur Standar Operasi)

3. Pelatihan :

Pelatihan karyawan / Buku panduan pelatihan

Pengendalian sistem

Pemasaran

Pengamanan & pengendalian usaha

PEDOMAN PELAKSANAAN PEKERJAAN PROYEK

PUSAT PARFUM

LANGKAH DASAR

Penyusunan tim kerja

Pimpinan proyek

Disain interior

Disain graphis

Sistem dan keuangan

Lapangan / pembelanjaan

SDM

Pemasaran

Penyusunan time schedule masing-masing bagian

a. Time schedule perencanaan I

Gambar layout termasuk pengukuran

Gambar disain interior

Daftar barang belanjaan yang harus dibeli

Note: Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

b. Time schedule perencanaan II

Penentuan nama & tagline usaha

Gambar disain neonbox / billboard

Gambar disain stand banner

Gambar disain spanduk atau alat promosi lain

Rancangan seragam dan perlengkapannya

Gambar lain yang diperlukan

Note: Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

c. Time schedule untuk tempat dan barang

Batas waktu renovasi tempat

Batas waktu pengadaan peralatan dan perlengkapan

d. Time schedule pelaksanaan

Eksekusi layout dan disain interior yang telah disetujui

Eksekusi disain graphis yang telah disetujui

Pembelian dan penyerahan barang sesuai kontrak

Pembelian dan penyerahan barang permintaan

Rekruitmen pegawai

Tes lapangan peralatan dan kesiapan kerja

Pelatihan karyawan

SOP keseluruhan

Pra promosi

Soft opening

Promosi

Grand opening

Pengawasan dan pendampingan

Penyusunan Anggaran (Budgeting)

Anggaran yang ditetapkan meliputi :

Anggaran pemesanan disain

Anggaran transportasi dan akomodasi

Anggaran pembelian barang

Note: Harus dibuat jadwal pengeluaran dananya sesuai tanggal yang direncanakan

RINCIAN TUGAS

1. BAGIAN DISAIN INTERIOR

a. Gambar layout

Menentukan alur konsumen, mulai dari masuk hingga selesai

Menentukan posisi customer space

Menentukan posisi ruang display

Menentukan posisi kasir (meja admin)

Menentukan posisi etalase

Menentukan posisi perlengkapan pendukung (Radio tape)

a. Tata lampu

b. Kelistrikan

Note : Dalam menentukan layout harus dipikirkan benar terhadap efisiensi proses kerja, proses gerak, maksimalisasi ruangan, kenyamanan konsumen dalam memilih produk yang didisplay, serta dampaknya

b. Gambar disain interior

Menentukan ukuran-ukuran secara pasti peralatan dan perlengkapan yang akan dibuat serta model yang akan diciptakan (meja kasir, etalase untuk men-display parfum, dan lain-lain)

Menentukan warna cat ruangan dalam dan luar

Menentukan ornament-ornamen ruangan yang mendukung

2. BAGIAN DISAIN GRAPHIS

a. Gambar disain graphis

Menentukan nama usaha serta taglinenya dengan persetujuan pimpinan

Menentukan disain logo usaha

Menentukan disain standbanner dan alat promosi internal pendukung

Menentukan disain billboard / neonsign

Menentukan disain seragam dan perlengkapannya

b. Desain kebutuhan administrasi

Nota penjualan

Kartu stock barang

Petty cash reconciliation

Catatan penjualan harian

3. BAGIAN SISTEM DAN KEUANGAN

Menentukan prosedur penerimaan konsumen

Menentukan prosedur pelaksanaan kerja

Menentukan prosedur penerimaan pembayaran

Menentukan prosedur komplain konsumen

Menentukan prosedur pembelian kembali stock barang

Menentukan prosedur perawatan dan penyimpanan produk yang didisplay

Menentukan prosedur jadwal dan siklus kerja karyawan

Menentukan prosedur keuangan dan pengamanannya

4. BAGIAN PEMBELIAN DAN LAPANGAN

Menentukan barang-barang yang akan dibeli

Menentukan anggaran pembelian barang sesuai kebutuhan

Melakukan pembelian barang-barang

Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer interior

Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer graphis

Melakukan pengawasan instalasi tempat sesuai disain, baik interior ataupun graphis.

5. BAGIAN SDM

Melakukan rekruitmen pegawai yang diperlukan

Melakukan seleksi pegawai

Melakukan pelatihan pemahaman usaha

Melakukan pelatihan teknis pekerjaan secara keseluruhan

Melakukan pelatihan mental & customer satisfaction

Melakukan kontrol terhadap perkembangan SDM

6. BAGIAN PEMASARAN

Menentukan strategi pemasaran pra operasi

Menentukan strategi pemasaran operasi

Menentukan strategi pemasaran pasca

7. PIMPINAN PROYEK

Mengawasi secara keseluruhan proses pelaksanaan pekerjaan

Mempertanggungjawabkan hasil kerja kepada perusahaan

Mempertanggungjawabkan kinerja keuangan proyek kepada perusahaan

Mengeksekusi komplain tim proyek

DAFTAR BARANG YANG DIPERLUKAN

Daftar barang yang diperlukan perlu ditentukan sesuai kebutuhan, yang ditetapkan oleh pimpinan proyek.

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP)

PUSAT PARFUM

KETENTUAN KARYAWAN

1. Pramuniaga

2. Bagian administrasi merangkap kasir

3. Supervisor (jika diperlukan à dalam kasus ini untuk pembukaan pusat parfum yang lebih dari satu dalam satu daerah domisili)

SISTEM KERJA

Dilakukan shift kerja (jika ada) dan rolling tugas agar lebih terkendali dan terkontrol Jika sistem kerja ditentukan menjadi sistem shift (misal: dua shift), maka perlu diadakan minimal 1 jam untuk dua karyawan tersebut untuk bertemu secara bersamaan, untuk serah terima pekerjaan.

PROSEDUR PENANGANAN PELANGGAN

TAHAP I Penerimaan Pelanggan

Dilakukan oleh pramuniaga

1. Pelanggan diterima oleh pramuniaga dengan ramah.

2. Pelanggan dipersilahkan untuk memilih produk yang tersedia.

3. Menjawab dengan sopan dan memberikan informasi tentang produk jika ditanya oleh konsumen.

4. Jika konsumen berminat terhadap produk yang didisplay, pramuniaga wajib membantu mengambilkannya.

5. Pramuniaga mempersilahkan konsumen jika ingin mencoba.

6. Setelah produk yang ingin dibeli sudah ditentukan oleh konsumen, bagian penerimaan pelanggan membuatkan nota.

7. Nota diserahkan kepada konsumen, dan konsumen dipersilahkan untuk membayar di kasir.

TAHAP II Penerimaan Pembayaran

Dilakukan oleh bagian administrasi (kasir)

1. Kasir menerima nota yang dibawa oleh konsumen dengan ramah.

2. Kemudian pramuniaga menerima pembayaran dari konsumen.

3. Menghitung ulang total pembayaran yang harus dibayar oleh konsumen secara cepat dan tepat.

4. Membubuhkan stempel ‘LUNAS’ pada nota rangkap ke-1.

5. Memberikan uang kembalian (jika ada) dan nota rangkap ke-1 kepada konsumen.

6. Kasir memastikan bahwa transaksi pembayaran sudah sah dan tidak berpotensi menimbulkan masalah dikemudian hari.

TAHAP III Packing dan Penyerahan Barang

Dilakukan oleh pramuniaga

1. Selama pelanggan membayar di kasir, pramuniaga mengecek ulang jenis dan jumlah barang yang akan di-packing dengan nota rangkap ke-2 yang diserahkan oleh bagian kasir.

2. Setelah sesuai, barang dapat di-packing.

3. Menyerahkannya barang yang telah di-packing kepada konsumen dengan mengucapkan ‘terima kasih’.

4. Mengarsip nota rangkap ke-2 di tempat yang telah disediakan.

PROSEDUR KOMPLAIN PELANGGAN

Komplain diterima oleh supervisor atau jika supervisor tidak ada diterima oleh pramuniaga.

1. Komplain pengembalian uang pembayaran kurang, segera ditanggapi tanpa alasan apapun dan langsung dicross-check dengan pembukuan. Oleh karena itu sebelum pelanggan pergi, sebaiknya pramuniaga tidak memasukkan uang pembayaran dari konsumen ke laci atau ke tempat penyimpanan uang. Dan waktu menyerahkan uang kembalian, pramuniaga harus memastikan kepada konsumen bahwa uang kembalian yang diserahkan sudah sesuai. Untuk meminimalisir komplain pengembalian uang pembayaran yang kurang, sebaiknya di dekat meja kasir ditempel tulisan yang berbunyi “Sebelum Meninggalkan Tempat, Harap Periksa Uang Kembalian Anda, Terima Kasih”.

2. Komplain kualitas barang buruk, harus dipastikan bahwa kerusakan barang diakibatkan oleh apa. Jika keruakan barang dari pabrik, dapat diganti, namun jika kerusakan barang akibat kesalahan konsumen (misalnya sobek karena tersangkut atau kotor karena jatuh) maka barang tersebut tidak dapat diganti. Supervisor atau yang mewakilinya harus memberikan penjelasan yang masuk akal kepada konsumen. Untuk meminimalisir komplain mengenai kerusakan barang atau ketidaksesuaian, sebaiknya di dekat meja kasir ditempel tulisan yang berbunyi “Sebelum Meninggalkan Tempat, Harap Periksa Barang Yang Anda Beli, Terima Kasih”.

3. Dalam menangani komplain, diusahakan win-win solution, menghindari kesalahpahaman dengan konsumen dan senantiasa memperhatikan prinsip customer satisfaction.

PROSEDUR PEMBELIAN KEMBALI STOCK BARANG

Penetapan & Penghitungan

1. Setiap pengeluaran persediaan barang dagangan akibat dari penjualan konsumen harus dicatat dalam kartu stok agar pengeluaran terkontrol.

2. Wajib melakukan pemesanan atau pembelian persediaan barang dagangan jika stok persediaan barang dagangan sudah pada kondisi sisa maksimum 30%, minimum 20%.

3. Untuk menjamin kualitas dan stabilitas harga produk, parfum hanya dapat dibeli dari supplier yang ditentukan.

4. Harga pembelian produk untuk persediaan barang dagangan ditentukan oleh supplier yang telah disetujui, ditambah dengan biaya pengiriman untuk masing-masing counter.

9 Responses

  1. donny says:

    untuk pembelian stock/ pembelian bibit parfum khusus loundry, dimana ya?

  2. yosemind says:

    BIbit parfum untuk laundry bisa dibeli di formulator kimia. Disana bisa pesan dengan aroma yang kita inginkan, seperti jeruk, apel, strawberry dll.

  3. yanuar gajaksahda says:

    Saya bisa minta alamat dan contact formulator kimia pak?
    terima kasih. Yanuar

  4. yosemind says:

    Mas Yanuar bisa kontak PT. Ultraco, 0227514035

  5. Sofyan says:

    Pak, kalo bisa dibantu alamat pabrik produksi minyak wangi di Indonesia, saya akan menawarkan bioethanol senyawa alkohol untuk kebutuhan pabrik minyak wangi…
    boen_241@yahoo.com

    Thanks atas informasinya.

  6. andrefw says:

    mas, tolong info dimana tempat memesan bibit parfum dengan kualitas dan harga yang bersaing! thanks………

  7. rizal says:

    mas, tolong info dimana tempat memesan bibit parfum dengan kualitas dan harga yang bersaing! thanks………

  8. ayalinxe says:

    pak.. bagaimana kalau usaha parfum yang akan dirintis bukan bibit parfum melainkan parfum “original” seperti yang ada di counter2…

    kalau boleh, mohon jg info mengenai supplier2 parfume branded (HUGO,CK,dll…) original ini…

    boleh jg direply ke email saya pak…

    thanks…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: