Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

Penyewaan CD, VCD & DVD

GAMBARAN UMUM USAHA

PENYEWAAN CD, VCD, DVD RELIGI & IPTEK

LATAR BELAKANG PEMILIHAN USAHA PENYEWAAN CD, VCD, DVD RELIGI & IPTEK

1. Dalam era teknologi, setiap informasi tidak hanya dapat dinikmati dalam bentuk hardcopy, tetapi juga bisa diperoleh atau dinikmati dengan format softcopy yang lebih menarik, misal dalam bentuk CD, VCD, atau DVD.

2. Tiap orang pasti memerlukan informasi mengenai pendidikan, pengetahuan, dan santapan rohani.

3. Untuk membeli CD, VCD, atau DVD mungkin akan membutuhkan biaya yang lebih besar daripada menyewa CD, VCD, atau DVD, sehingga biaya untuk membeli bisa dialokasikan untuk menyewa dengan kuantitas yang lebih banyak.

KUNCI SUKSES USAHA PENYEWAAN CD, VCD, DVD RELIGI & IPTEK

1. Tempat yang strategis di daerah kampus, sekolah, sekitar perumahan, ataupun di pusat hiburan atau pusat perbelanjaan.

2. Tempat yang nyaman dan bersih.

3. Pelayanan kepada pelanggan yang baik dan memuaskan.

4. Tempat usaha didesain sedemikian rupa, unik, dan menarik pelanggan untuk singgah dan tidak canggung untuk masuk ke tempat usaha.

5. Harga terjangkau.

6. Performa pegawai yang baik (ramah, murah senyum, dan terampil)

LAYANAN ATAU PAKET TAMBAHAN YANG PERLU DISEDIAKAN DALAM USAHA PENYEWAAN CD, VCD, DVD RELIGI & IPTEK

ü Layanan consumer member

Maksimal sewa 5 judul dan akan mendapat kartu member, berikan bonus (misal sewa 3 gratis 1) untuk member supaya para penyewa lebih menyukai menjadi member.

USAHA PENYEWAAN CD, VCD, DVD RELIGI & IPTEK

Yang menjadikan Barbershop Plus ini special ialah kenyamanan konsumen dalam memilih CD, VCD, DVD yang akan disewa, pelayanan yang ramah dan khas, harga sewa yang murah dengan kualitas baik, tersedia secara lengkap berbagai ragam CD, VCD, DVD yang lebih menekankan pada unsur pendidikan, pengetahuan, dan religi. Peralatan-peralatan standar paket usaha penyewaan CD, VCD, DVD Religi dan Iptek yang harus disediakan adalah sebagai berikut :

1. CD, VCD, DVD religi atau iptek (100 judul)

2. Perlengkapan awal promosi (stand banner, brosur, kartu nama, dan sebagainya)

3. Barang cetakan lainnya untuk kebutuhan admin dan keuangan (nota sewa,dan sebagainya)

4. Seragam karyawan (maks. 6 pcs)

LOKASI & RUANG

1. Letak Lokasi

Berada di pinggir jalan utama, di daerah kampus, sekolah, sekitar perumahan, ataupun di pusat hiburan atau pusat perbelanjaan.

2. Standar Kebutuhan Ruang

Luas ruang minimum : (lebar) 3 m x (panjang) 8 m Note: Ukuran panjang dan lebar dapat sebaliknya.

3. Asumsi kebutuhan ruang:

Ruang display

Ruang administrasi kasir

Ruang duduk pelanggan (pada waktu pelanggan memilih CD, VCD, DVD)

LINGKUP KERJA

Lingkup kerja meliputi :

1. Survey :

Pemetaan pasar

Persaingan

Potensi

2. Sistem :

Pembukuan sederhana

Siklus kerja

SOP (Prosedur Standar Operasi)

3. Pelatihan :

Pelatihan karyawan / Buku panduan pelatihan

Pengendalian system

Pemasaran

Pengamanan & pengendalian usaha

PEDOMAN PELAKSANAAN PEKERJAAN

PENYEWAAN CD, VCD, DVD RELIGI & IPTEK

LANGKAH DASAR

Penyusunan tim kerja

Pimpinan proyek

Disain interior

Disain graphis

Sistem dan keuangan

Lapangan / pembelanjaan

SDM

Pemasaran

Penyusunan time schedule masing-masing bagian

a. Time schedule perencanaan I

Gambar layout termasuk pengukuran

Gambar disain interior

Daftar barang belanjaan yang harus dibeli

Note: Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

b. Time schedule perencanaan II

Penentuan nama & tagline usaha

Gambar disain neonbox / billboard

Gambar disain stand banner

Rancangan seragam dan perlengkapannya

Gambar lain yang diperlukan

Note: Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

c. Time schedule untuk tempat dan barang

Batas waktu renovasi tempat

Batas waktu pengadaan peralatan dan perlengkapan

d. Time schedule pelaksanaan

Eksekusi layout dan disain interior yang telah disetujui

Eksekusi disain graphis yang telah disetujui

Pembelian dan penyerahan barang sesuai kontrak

Pembelian dan penyerahan barang

Rekruitmen pegawai

Tes lapangan peralatan dan kesiapan kerja

Pelatihan karyawan

SOP keseluruhan

Pra promosi

Soft opening

Promosi

Grand opening

Pengawasan

Penyusunan Anggaran (Budgeting)

Anggaran yang ditetapkan meliputi :

Anggaran pemesanan disain

Anggaran transportasi dan akomodasi

Anggaran pembelian barang

Note: Harus dibuat jadwal pengeluaran dananya sesuai tanggal yang direncanakan

RINCIAN TUGAS

1. BAGIAN DISAIN INTERIOR

a. Gambar layout

Menentukan alur konsumen, mulai dari masuk hingga selesai

Menentukan posisi ruang display

Menentukan posisi ruang kasir (meja admin)

Menentukan posisi ruang duduk (pada waktu konsumen memilih CD)

Menentukan posisi perlengkapan pendukung (Radio tape, TV, rak majalah)

Menentukan posisi tempat penyimpanan peralatan dan perlengkapan

Menentukan instalasi sesuai standar efisiensi dan kerapihan yang meliputi :

a. Tata lampu

b. Kelistrikan

Note : Dalam menentukan layout harus dipikirkan benar terhadap efisiensi proses kerja, proses gerak, maksimalisasi ruangan, kenyamanan konsumen dalam memilih produk yang didisplay, serta dampak.

b. Gambar disain interior

Menentukan ukuran-ukuran secara pasti peralatan dan perlengkapan yang akan dibuat serta model yang akan diciptakan (tempat display CD, VCD, DVD; tempat duduk, dan sebagainya)

Menentukan warna cat ruangan dalam dan luar

Menentukan ornament-ornamen ruangan yang mendukung

2. BAGIAN DISAIN GRAPHIS

a. Gambar disain graphis

Menentukan nama usaha serta taglinenya dengan persetujuan pimpinan

Menentukan disain logo usaha

Menentukan disain standbanner dan alat promosi internal pendukung

Menentukan disain billboard / neonsign

Menentukan disain seragam dan perlengkapannya

b. Desain kebutuhan administrasi

Nota pembayaran / nota sewa

Kartu stock barang

Petty cash reconciliation

Catatan penerimaan kas harian

3. BAGIAN SISTEM DAN KEUANGAN

Menentukan prosedur penerimaan

Menentukan prosedur pelaksanaan kerja

Menentukan prosedur penerimaan pembayaran

Menentukan prosedur komplain konsumen

Menentukan prosedur pembelian kembali stock barang

Menentukan prosedur perawatan dan penyimpanan produk yang didisplay

Menentukan prosedur jadwal dan siklus kerja karyawan

Menentukan prosedur keuangan dan pengamanannya

4. BAGIAN PEMBELIAN DAN LAPANGAN

Menentukan barang-barang yang menjadi kewajiban perusahaan

Menentukan anggaran pembelian barang sesuai kontrak

Melakukan pembelian barang-barang

Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer interior

Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer graphis

Melakukan pengawasan instalasi tempat sesuai disain, baik interior ataupun graphis.

5. BAGIAN SDM

Melakukan rekruitmen pegawai yang diperlukan

Melakukan seleksi pegawai

Melakukan pelatihan pemahaman usaha

Melakukan pelatihan teknis pekerjaan secara keseluruhan

Melakukan pelatihan mental & customer satisfaction

Melakukan kontrol terhadap perkembangan SDM

6. BAGIAN PEMASARAN

Menentukan strategi pemasaran pra operasi

Menentukan strategi pemasaran operasi

Menentukan strategi pemasaran pasca operasi

7. PIMPINAN PROYEK

Mengawasi secara keseluruhan proses pelaksanaan pekerjaan

Mempertanggungjawabkan hasil kerja kepada perusahaan

Mempertanggungjawabkan kinerja keuangan proyek kepada perusahaan

Mengeksekusi komplain tim proyek

DAFTAR BARANG YANG DIPERLUKAN

Daftar barang yang diperlukan perlu ditentukan sesuai kebutuhan, yang ditetapkan oleh pimpinan proyek.

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP)

PENYEWAAN CD, VCD, DVD RELIGI & IPTEK

KETENTUAN KARYAWAN

1. Bagian administrasi merangkap kasir

2. Pramuniaga

3. Supervisor (jika diperlukan à dalam kasus ini untuk pembukaan babershop plus yang lebih dari satu dalam satu daerah domisili)

SISTEM KERJA

Dilakukan shift kerja (jika ada) dan rolling tugas agar lebih terkendali dan terkontrol. Jika sistem kerja ditentukan menjadi sistem shift (misal: dua shift), maka perlu diadakan minimal 1 jam untuk dua karyawan tersebut untuk bertemu secara bersamaan, untuk serah terima pekerjaan.

PROSEDUR PENANGANAN PELANGGAN

TAHAP I Penerimaan Pelanggan Dilakukan oleh pramuniaga

1. Konsumen dipersilakan untuk melihat CD, VCD, dan DVD yang didisplay.

2. Jika ada pertanyaan, pramuniaga wajib memberikan penjelasan.

3. Konsumen dipersilahkan untuk menyebutkan atau menulis kode CD, VCD, atau DVD yang akan disewanya.

4. Kemudian pramuniaga wajib membantu mengambilkan CD, VCD, atau DVD yang telah disebutkan atau ditulis oleh konsumen.

5. Pramuniaga menyiapkan nota (yang berisi mengenai kode CD, VCD, atau DVD yang disewa, harga, dan jangka waktu pengembalian).

6. Pramuniaga mempersilakan konsumen menuju ke kasir untuk membayar sewa dan mengambil barang yang disewa.

7. Sebelum menyerahkan CD, VCD, atau DVD yang disewa, sebaiknya CD, VCD, atau DVD diperiksa secara fisik (lempengannya atau optiknya) terlebih dahulu.

TAHAP II Proses Penerimaan Pembayaran Dilakukan oleh bagian administrasi (kasir)

1. Konsumen yang datang ke kasir dilayani dengan ramah.

2. Kasir menyerahkan nota yang sebelumnya telah dibuat.

3. Kasir menerima pembayaran dan memberikan kembaliannya (jika ada).

4. Kasir menyerahkan nota yang telah distempel “LUNAS” disertai dengan ucapan terima kasih dan menunggu kunjungan selanjutnya.

PROSEDUR KOMPLAIN PELANGGAN

Komplain diterima oleh supervisor atau jika supervisor tidak ada diterima oleh pramuniaga.

1. Komplain pengembalian uang pembayaran kurang, segera ditanggapi tanpa alasan apapun dan langsung dicross-check dengan pembukuan. Oleh karena itu sebelum pelanggan pergi, sebaiknya pramuniaga tidak memasukkan uang pembayaran dari konsumen ke laci atau ke tempat penyimpanan uang. Dan waktu menyerahkan uang kembalian, pramuniaga harus memastikan kepada konsumen bahwa uang kembalian yang diserahkan sudah sesuai. Untuk meminimalisir komplain pengembalian uang pembayaran yang kurang, sebaiknya di dekat meja kasir ditempel tulisan yang berbunyi “Sebelum Meninggalkan Tempat, Harap Periksa Uang Kembalian Anda, Terima Kasih”.

2. Komplain kualitas CD, VCD, atau DVD yang kurang buruk (rusak, tidak terbaca, dan sebagainya), segera diganti dengan CD, VCD, atau DVD lainnya. Dan segera diperiksa, apakah CD, VCD, atau DVD tersebut memang rusak atau memang alat yang digunakan konsumen untuk membaca CD, VCD, atau DVD (CD atau DVD ROM, player lainnya) tidak dapat membaca CD, VCD, atau DVD yang disewa.

3. Dalam menangani komplain, diusahakan win-win solution, menghindari kesalahpahaman dengan konsumen dan senantiasa memperhatikan prinsip customer satisfaction.

PROSEDUR PENGADAAN BARANG

1. Pengusaha penyewaan CD wajib menyediakan CD, VCD, DVD yang selalu up to date.

2. Pengadaan dapat melakukan pembelian CD, VCD, DVD supplier yang ditunjuk

3. Pemesanan dilakukan dua minggu sebelum tanggal kirim.

4 Responses

  1. irrez says:

    hmm… tips nya oke punya, gw mahasiswa yg tinggal di wisma dengan jumlah mahasiswa 1000 oran lebih. dulu pernah ada rental dvd and prospeknya kencang banget. sayang, ada peraturan dvd yg disewain harus asli (no bajakan), sekarang penyewaan dvd gk ada lagi. saya berminat mengisi kembali peluang itu tapi masih belum dapet info mengenai supplier dvd asli. thx atas perhatiannya.

  2. Yose says:

    emang rada2 susah ya nyari supplier dvd yg asli, setau saya kalo beli yang asli dari tempat seperti disc tarra gt. Ntar kl ada info diupdate lg deh

  3. mang yana says:

    saya sich pernah denger di mangga dua ada yang jual. tapi mangga dua yang mana kurang jelas. mungkin bisa coba tanya ke Pa Eko June dari TDA.

    kalo beli ke tarra jumlahnya harus banyak. kemungkinan dia akan nawarin franchisenya Odiva.

    Atau ke vision. dia juga mungkin nawarin franchisenya ultradisc

  4. sadry says:

    good job

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: