Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

Pakaian Bayi

LATAR BELAKANG PEMILIHAN USAHA PAKAIAN BAYI

1. Pertumbuahan penduduk semakin pesat, sehingga kebutuhan akan pakaian bayi terus meningkat.

2. Ketika memiliki bayi, maka pakaian bayi merupakan kebutuhan primer yang harus dipenui oleh keluarga.

3. Bayi tumbuh sangat cepat dalam waktu singkat, sehingga pakaiannya harus selalu berganti.

4. Model pakaian bayi saat ini sangat bervariasi dan mengikuti mode.

KUNCI SUKSES USAHA PAKAIAN BAYI

1. Tempat yang strategis di daerah pertokoan atau komples pemukiman padat.

2. Tempat yang nyaman dalam berbelanja atau memilih pakaian bayi yang di-display.

3. Pelayanan kepada pelanggan yang baik dan memuaskan

4. Menyediakan tempat menyusui dan mengganti popok.

5. Pelayan yang ramah dan friendly terhadap bayi

6.Tempat usaha didesain sedemikian rupa, unik, dan menarik pelanggan untuk  singgah  bahkan sampai membeli.

7. Harga terjangkau

8. Terdapat berbagai program diskon untuk event-event tertentu, misal: lebaran, natal, tahun baru, dan event khusus lainnya.

9. Packing yang menarik

LAYANAN TAMBAHAN YANG PERLU DISEDIAKAN DALAM USAHA PAKAIAN BAYI

√   Layanan pembungkusan kado

√   Layanan catalog model terbaru

√   Ucapan dan kartu selamat ulang tahun

Peralatan-peralatan standar paket usaha Pakaian Bayi yang perlu disediakan adalah :

1. Beberapa barang untuk awal pembukaan

2. Seragam untuk karyawan

3. Pin untuk karyawan

4. Banner

5. Spanduk

6. Brosur

LOKASI & RUANG

1. Letak Lokasi

Berada dipusat pertokoan, mal atau di pemukiman padat..

2. Standar Kebutuhan Ruang

Luas ruang minimum : (lebar) 4 m x (panjang) 5 m

Note: Ukuran panjang dan lebar dapat sebaliknya.

3. Asumsi kebutuhan ruang:

– Ruang display

– Ruang administrasi (kasir)

– Ruang menyusui

– Ruang duduk konsumen

LINGKUP KERJA

Lingkup kerja meliputi :

1. Survey :

– Pemetaan pasar

– Persaingan

– Potensi

2. Sistem :

– Pembukuan sederhana

– Siklus kerja

– SOP (Prosedur Standar Operasi)

3. Pelatihan :

– Pelatihan karyawan / Buku panduan pelatihan

– Pengendalian sistem

– Pemasaran

– Pengamanan & pengendalian usaha

PEDOMAN PELAKSANAAN PEKERJAAN PROYEK

PAKAIAN BAYI

LANGKAH DASAR

Penyusunan tim kerja

– Pimpinan proyek

– Disain interior

– Disain graphis

– Sistem dan keuangan

– Lapangan / pembelanjaan

– SDM

– Pemasaran

Penyusunan time schedule masing-masing bagian

a. Time schedule perencanaan I

– Gambar layout termasuk pengukuran

– Gambar disain interior

– Daftar barang belanjaan yang harus dibeli

Note:

Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

b. Time schedule perencanaan II

– Penentuan nama & tagline usaha

– Gambar disain neonbox / billboard

– Gambar disain stand banner

– Gambar disain spanduk atau alat promosi lain

– Rancangan seragam dan perlengkapannya

– Gambar lain yang diperlukan

Note:

Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

c. Time schedule untuk tempat dan pengadaan

– Batas waktu renovasi tempat

– Batas waktu pengadaan peralatan dan perlengkapan

d. Time schedule pelaksanaan

– Eksekusi layout dan disain interior yang telah disetujui

– Eksekusi disain graphis yang telah disetujui

– Pembelian dan penyerahan barang

– Rekruitmen pegawai

– Tes lapangan peralatan dan kesiapan kerja

– Pelatihan karyawan

– SOP keseluruhan

– Pra promosi

– Soft opening

– Promosi

– Grand opening

– Pengawasan dan pendampingan

Penyusunan Anggaran (Budgeting)

Anggaran yang ditetapkan meliputi :

– Anggaran pemesanan disain

– Anggaran transportasi dan akomodasi

– Anggaran pembelian barang

Note:

Harus dibuat jadwal pengeluaran dananya sesuai tanggal yang direncanakan

RINCIAN TUGAS

1. BAGIAN DISAIN INTERIOR

a. Gambar layout

– Menentukan alur konsumen, mulai dari masuk hingga selesai

– Menentukan posisi customer space

– Menentukan posisi ruang display

– Menentukan ruang menyusui

– Menentukan posisi kasir (meja admin)

– Menentukan posisi etalase

– Menentukan posisi perlengkapan pendukung (Radio tape)

a. Tata lampu

b. Kelistrikan

Note :

Dalam menentukan layout harus dipikirkan benar terhadap efisiensi proses kerja, proses gerak, maksimalisasi ruangan, kenyamanan konsumen dalam memilih produk yang didisplay.

b. Gambar disain interior

– Menentukan ukuran-ukuran secara pasti peralatan dan perlengkapan yang akan dibuat serta model yang akan diciptakan (meja kasir, etalase untuk men-display pakaian bayi, ram untuk menggantung tas, dan lain-lain)

– Menentukan warna cat ruangan dalam dan luar

– Menentukan ornament-ornamen ruangan yang mendukung

2. BAGIAN DISAIN GRAPHIS

a. Gambar disain graphis

– Menentukan nama usaha serta taglinenya dengan persetujuan pimpinan

– Menentukan disain logo usaha

– Menentukan disain standbanner dan alat promosi internal pendukung

– Menentukan disain billboard / neonsign

– Menentukan disain seragam dan perlengkapannya

b. Desain kebutuhan administrasi

– Nota penjualan

– Kartu stock barang

– Petty cash reconciliation

– Catatan penjualan harian

3. BAGIAN SISTEM DAN KEUANGAN

– Menentukan prosedur penerimaan konsumen

– Menentukan prosedur pelaksanaan kerja

– Menentukan prosedur penerimaan pembayaran

– Menentukan prosedur komplain konsumen

– Menentukan prosedur pembelian kembali stock barang

– Menentukan prosedur perawatan dan penyimpanan produk yang didisplay

– Menentukan prosedur jadwal dan siklus kerja karyawan

– Menentukan prosedur keuangan dan pengamanannya

4. BAGIAN PEMBELIAN DAN LAPANGAN

– Menentukan pembelian barang

– Menentukan anggaran pembelian barang

– Melakukan pembelian barang-barang

– Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer interior

– Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer graphis

– Melakukan pengawasan instalasi tempat sesuai disain, baik interior ataupun graphis.

5. BAGIAN SDM

– Melakukan rekruitmen pegawai yang diperlukan

– Melakukan seleksi pegawai

– Melakukan pelatihan pemahaman usaha

– Melakukan pelatihan teknis pekerjaan secara keseluruhan

– Melakukan pelatihan mental & customer satisfaction

– Melakukan kontrol terhadap perkembangan SDM

6. BAGIAN PEMASARAN

– Menentukan strategi pemasaran pra operasi

– Menentukan strategi pemasaran operasi

– Menentukan strategi pemasaran pasca

7. PIMPINAN PROYEK

– Mengawasi secara keseluruhan proses pelaksanaan pekerjaan

– Mempertanggungjawabkan hasil kerja kepada perusahaan

– Mempertanggungjawabkan kinerja keuangan proyek kepada perusahaan

– Mengeksekusi komplain tim proyek

DAFTAR BARANG YANG DIPERLUKAN

Daftar barang yang diperlukan perlu ditentukan sesuai kebutuhan, yang ditetapkan oleh pimpinan proyek.

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP)

PAKAIAN BAYI

KETENTUAN KARYAWAN

1. Pramuniaga

2. Bagian administrasi merangkap kasir

3. Supervisor (jika diperlukan  dalam kasus ini untuk pembukaan outlet Pakaian Bayi yang lebih dari satu dalam satu daerah domisili)

SISTEM KERJA

Dilakukan shift kerja (jika ada) dan rolling tugas agar lebih terkendali dan terkontrol Jika sistem kerja ditentukan menjadi sistem shift (misal: dua shift), maka perlu diadakan minimal 1 jam untuk dua karyawan tersebut untuk bertemu secara bersamaan, untuk serah terima pekerjaan.

PROSEDUR PENANGANAN PELANGGAN

TAHAP I Penerimaan Pelanggan

Dilakukan oleh pramuniaga

1. Pelanggan diterima oleh pramuniaga dengan ramah.

2. Pelanggan dipersilahkan untuk memilih produk yang tersedia.

3. Menjawab dengan sopan dan memberikan informasi tentang produk jika ditanya oleh konsumen.

4. Jika konsumen berminat terhadap produk yang didisplay, pramuniaga wajib membantu mengambilkannya.

5. Pramuniaga mempersilahkan konsumen jika ingin mencoba.

6. Setelah produk yang ingin dibeli sudah ditentukan oleh konsumen, bagian penerimaan pelanggan membuatkan nota.

7. Nota diserahkan kepada konsumen, dan konsumen dipersilahkan untuk membayar di kasir.

TAHAP II Penerimaan Pembayaran

Dilakukan oleh bagian administrasi (kasir)

1. Kasir menerima nota yang dibawa oleh konsumen dengan ramah.

2. Kemudian pramuniaga menerima pembayaran dari konsumen.

3. Menghitung ulang total pembayaran yang harus dibayar oleh konsumen secara cepat dan tepat.

4. Membubuhkan stempel ‘LUNAS’ pada nota rangkap ke-1.

5. Memberikan uang kembalian (jika ada) dan nota rangkap ke-1 kepada konsumen.

6. Kasir memastikan bahwa transaksi pembayaran sudah sah dan tidak berpotensi menimbulkan masalah dikemudian hari.

TAHAP III Packing dan Penyerahan Barang

Dilakukan oleh pramuniaga

1. Selama pelanggan membayar di kasir, pramuniaga mengecek ulang jenis dan jumlah barang yang akan di-packing dengan nota rangkap ke-2 yang diserahkan oleh bagian kasir.

2. Setelah sesuai, barang dapat di-packing.

3. Menyerahkannya barang yang telah di-packing kepada konsumen dengan mengucapkan ‘terima kasih’.

4. Mengarsip nota rangkap ke-2 di tempat yang telah disediakan.

PROSEDUR KOMPLAIN PELANGGAN

Komplain diterima oleh supervisor atau jika supervisor tidak ada diterima oleh pramuniaga.

1. Komplain pengembalian uang pembayaran kurang, segera ditanggapi tanpa alasan apapun dan langsung dicross-check dengan pembukuan. Oleh karena itu sebelum pelanggan pergi, sebaiknya pramuniaga tidak memasukkan uang pembayaran dari konsumen ke laci atau ke tempat penyimpanan uang. Dan waktu menyerahkan uang kembalian, pramuniaga harus memastikan kepada konsumen bahwa uang kembalian yang diserahkan sudah sesuai. Untuk meminimalisir komplain pengembalian uang pembayaran yang kurang, sebaiknya di dekat meja kasir ditempel tulisan yang berbunyi “Sebelum Meninggalkan Tempat, Harap Periksa Uang Kembalian Anda, Terima Kasih”.

2. Komplain kualitas barang buruk, harus dipastikan bahwa kerusakan barang diakibatkan oleh apa. Jika keruakan barang dari pabrik, dapat diganti, namun jika kerusakan barang akibat kesalahan konsumen (misalnya sobek karena tersangkut atau kotor karena jatuh) maka barang tersebut tidak dapat diganti. Supervisor atau yang mewakilinya harus memberikan penjelasan yang masuk akal kepada konsumen. Untuk meminimalisir komplain mengenai kerusakan barang atau ketidaksesuaian, sebaiknya di dekat meja kasir ditempel tulisan yang berbunyi “Sebelum Meninggalkan Tempat, Harap Periksa Barang Yang Anda Beli, Terima Kasih”.

3. Dalam menangani komplain, diusahakan win-win solution, menghindari kesalahpahaman dengan konsumen  dan senantiasa memperhatikan prinsip customer satisfaction.

PROSEDUR PEMBELIAN KEMBALI STOCK BARANG

Penetapan & Penghitungan

1. Setiap pengeluaran persediaan barang dagangan akibat dari penjualan konsumen harus dicatat dalam kartu stok agar pengeluaran terkontrol.

2. Wajib melakukan pemesanan atau pembelian persediaan barang dagangan jika stok persediaan barang dagangan sudah pada kondisi sisa maksimum 30%, minimum 20%.

3. Untuk menjamin kualitas dan stabilitas harga produk, pakaian bayi hanya dapat dibeli dari supplier yang ditunjuk

4 Responses

  1. nita says:

    Pak, saya ada niat buka usaha pakaian bayi secara lapakan di belakang gedung perkantoran. Kira2 menurut anda brp biaya yg harus saya keluarkan?? Karena menurut saya prospek membuka usaha secara lapakan dpt memudahkan saya berinteraksi dengan pembeli atau calon pelanggan. Uraian di atas tadi agak membuat saya pusing, krn pasti untuk toko2 menengah. Terimakasih.

  2. ratna says:

    sya pnya usaha dibidang pakaian bayi dan perlengkapannya lo..harga grosir dan eceran. klo ada mau jadi mitra saya, silakan kirim email ke jew3l-dnd@plasa.com
    Terimakasih

  3. feri says:

    saya punya rencana ingin memulai usaha pakaian bayi. lokasinya di sebuah komplek pertokoan. cocok ga ya? trus berapa estimasi biaya yang perlu saya siapkan pak?
    thanks atas sarannya…

  4. tiwi says:

    saya mau buka pakaian grosir dan retail di salah satu tmpt grosir di jkt, saya mau menanyakan berapa pesen margin yg hrs saya ambil untuk menentukan harga 1 brg, mengingat biaya yg hrs saya keluarkan dalam 1 bln sebesar 12.5juta (itu sdh termsk B.sewa tmpt dll). mohon petunjuk dan saran dr bapak krn saya baru pertama kali dlm menjalankan usaha. terima kasih pak sebelumny.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: