Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

Laundry Kiloan

GAMBARAN UMUM USAHA

LAUNDRY KILOAN

LATAR BELAKANG PEMILIHAN USAHA LAUNDRY KILOAN

1. Memanfaatkan gaya hidup malas mencuci.

2. Perubahan gaya hidup  dan tuntutan kesibukan, banyak mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga, yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka, dan menyerahkannya pada usaha laundry kiloan.

3. Kondisi cuaca saat ini yang mengakibatkan pakaian sering lebih mudah menjadi kotor, bahkan dimusim penghujan, dengan mencuci manual pasti akan sulit menjadi kering, oleh karenanya banyak yang menyerahkan pakaian kotor mereka ke laundry-laundry.

4. Trend mencuci di laundry sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

KUNCI SUKSES USAHA LAUNDRY KILOAN

1. Tempat yang dan nyaman.

2. Pelayanan yang cepat, cermat, dan memuaskan (mengutamakan kualitas).

3. Pemilik pakaian biasanya menginginkan pakaiannya bersih, rapi, dan harum.

4. Harga terjangkau

5. Menggunakan bahan-bahan yang tidak menimbulkan kerusakan warna atau bahan pakaian.

6. Tersedia area basah dan area kering, sehingga tidak mengganggu proses pencucian, proses pengeringan, dan proses setrika.

7. Tersedia setrika uap yang dapat digunakan untuk menyetrika pakaian dari bahan khusus.

LAYANAN TAMBAHAN YANG PERLU DISEDIAKAN DALAM USAHA LAUNDRY KILOAN

√   Layanan antar jemput

√   Fasilitas kupon  bonus untuk konsumen yang sering menggunakan layanan,

USAHA LAUNDRY KILOAN

Yang menjadikan laundry kiloan ini special ialah harga jual jasa yang terjangkau, kualitas baik, proses pencucian dipisah-pisah masing-masing konsumen (tidak dicampur), layanan antar jemput, konsumen dapat memilih pewangi yang digunakan sesuai selera, lokasi usaha  yang mudah dijangkau konsumen, memiliki penampilan yang berbeda, memberikan kemudahan transaksi bagi konsumen, serta memberikan layanan one day service (satu hari selesai)

Peralatan-peralatan standar  usaha laundry kiloan yang perlu disediakan adalah sebagai berikut :

1. Mesin Cuci

2. Mesin pengering

3. Setrika

4. Timbangan digital

5. Seragam karyawan

6. Media promosi (banner, spanduk, brosur)

LOKASI & RUANG

1. Letak Lokasi

Berada didekat tempat pemukiman pendudk, seperti didepan komplek perumahan, didaerah asrama atau kost mahasiswa, atau berada dipinggir jalan utama.

2. Standar Kebutuhan Ruang

Luas ruang minimum : (lebar) 4 m x (panjang) 5 m

Note: Ukuran panjang dan lebar dapat sebaliknya.

3. Asumsi kebutuhan ruang:

– Ruang penerimaan pelanggan sekaligus ruang tunggu

– Ruang pencucian

– Ruang pengeringan

– Ruang setrika atau pengemasan

– Ruang administrasi

LINGKUP KERJA

Lingkup kerja meliputi :

1. Survey :

– Pemetaan pasar

– Persaingan

– Potensi

2. Sistem :

– Pembukuan sederhana

– Siklus kerja

– SOP (Prosedur Standar Operasi)

3. Pelatihan :

– Pelatihan karyawan / Buku panduan pelatihan

– Pengendalian sistem

– Pemasaran

– Pengamanan & pengendalian usaha

PEDOMAN PELAKSANAAN PEKERJAAN PROYEK LAUNDRY KILOAN

LANGKAH DASAR

Penyusunan tim kerja

– Pimpinan proyek

– Disain interior

– Disain graphis

– Sistem dan keuangan

– Lapangan / pembelanjaan

– SDM

– Pemasaran

Penyusunan time schedule masing-masing bagian

a. Time schedule perencanaan I

– Gambar layout termasuk pengukuran

– Gambar disain interior

– Daftar barang belanjaan yang harus dibeli

Note:

Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

b. Time schedule perencanaan II

– Penentuan nama & tagline usaha

– Gambar disain neonbox / billboard

– Gambar disain stand banner

– Gambar disain spanduk atau alat promosi lain

– Rancangan seragam dan perlengkapannya

– Gambar lain yang diperlukan

Note:

Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

c. Time schedule tempat dan perlengkapan

– Batas waktu renovasi tempat

– Batas waktu pengadaan peralatan dan perlengkapan

d. Time schedule pelaksanaan

– Eksekusi layout dan disain interior yang telah disetujui

– Eksekusi disain graphis yang telah disetujui

– Pembelian dan penyerahan barang

– Rekruitmen pegawai

– Tes lapangan peralatan dan kesiapan kerja

– Pelatihan karyawan

– SOP keseluruhan

– Pra promosi

– Soft opening

– Promosi

– Grand opening

– Pengawasan dan pendampingan

Penyusunan Anggaran (Budgeting)

Anggaran yang ditetapkan meliputi :

– Anggaran pemesanan disain

– Anggaran transportasi dan akomodasi

– Anggaran pembelian barang

Note:

Harus dibuat jadwal pengeluaran dananya sesuai tanggal yang direncanakan

RINCIAN TUGAS

1. BAGIAN DISAIN INTERIOR

a. Gambar layout

– Menentukan alur masuk kendaraan, mulai dari masuk hingga keluar

– Menentukan posisi ruangan tunggu

– Menentukan posisi pelaksanaan pencucian

– Menentukan posisi finising

– Menentukan posisi kasir

– Menetukan posisi kasir

– Menentukan posisi perlengkapan pendukung (TV, Radio tape, dll)

– Menentukan posisi tempat penyimpanan peralatan dan perlengkapan

– Menentukan instalasi sesuai standar efisiensi dan kerapiha yang meliputi :

a. Sumber air

b. Penempatan mesin cuci

c. Penempatan mesin pengering

d. Penempatan setrika

e. Rak-rak tempat pakaian yang sudah bersih

f.  Kran-kran air

g. Kelistrikan

h. Alur pembuangan limbah hasil pencucian

Note :

Dalam menentukan layout harus dipikirkan benar terhadap efisiensi proses kerja, proses gerak, maksimalisasi ruangan, kemudahan proses, serta dampak terhadap  lingkungan.

b. Gambar disain interior

– Menentukan ukuran-ukuran secara pasti peralatan dan perlengkapan yang akan dibuat serta model yang akan diciptakan (meja kasir, ruang tunggu, dan lain-lain)

– Menentukan warna cat ruangan dalam dan luar

– Menentukan ornament-ornamen ruangan yang mendukung

2. BAGIAN DISAIN GRAPHIS

a. Gambar disain graphis

– Menentukan nama usaha serta taglinenya dengan persetujuan pimpinan

– Menentukan disain logo usaha

– Menentukan disain standbanner dan alat promosi internal pendukung

– Menentukan disain billboard / neonsign

– Menentukan disain seragam dan perlengkapannya

3. BAGIAN SISTEM DAN KEUANGAN

– Menentukan prosedur penerimaan klien

– Menentukan prosedur pelaksanaan kerja

– Menentukan prosedur penerimaan pembayaran

– Menentukan prosedur komplain klien

– Menentukan prosedur penetapan dan penghitungan bahan baku

– Menentukan prosedur pembelian kembali bahan baku

– Menentukan prosedur perawatan dan penyimpanan peralatan

– Menentukan prosedur jadwal dan siklus kerja karyawan

– Menentukan prosedur keuangan dan pengamanannya

4. BAGIAN PEMBELIAN DAN LAPANGAN

– Menentukan barang-barang yang akan dibeli

– Menentukan anggaran pembelian barang

– Melakukan pembelian barang-barang

– Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer interior

– Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer graphis

– Melakukan pengawasan instalasi tempat sesuai disain, baik interior ataupun graphis.

5. BAGIAN SDM

– Melakukan rekruitmen pegawai yang diperlukan

– Melakukan seleksi pegawai

– Melakukan pelatihan pemahaman usaha

– Melakukan pelatihan teknis pekerjaan secara keseluruhan

– Melakukan pelatihan mental & customer satisfaction

– Melakukan kontrol terhadap perkembangan SDM

6. BAGIAN PEMASARAN

– Menentukan strategi pemasaran pra operasi

– Menentukan strategi pemasaran operasi

– Menentukan strategi pemasaran pasca

7. PIMPINAN PROYEK

– Mengawasi secara keseluruhan proses pelaksanaan pekerjaan

– Mempertanggungjawabkan hasil kerja kepada perusahaan

– Mempertanggungjawabkan kinerja keuangan proyek kepada perusahaan

– Mengeksekusi komplain tim proyek

DAFTAR BARANG YANG DIPERLUKAN

Daftar barang yang diperlukan perlu ditentukan sesuai kebutuhan, yang ditetapkan oleh pimpinan proyek.

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) LAUNDRY KILOAN

KETENTUAN KARYAWAN

1. Bagian penerimaan pelanggan merangkap kasir

2. Bagian pencucian

3. Bagian setrika merangkap bagian pengemasan

4. Supervisor (jika diperlukan  dalam kasus ini untuk pembukaan laundry kiloan lebih dari satu dalam satu daerah domisili)

SISTEM KERJA

Dilakukan shift kerja dan rolling tugas agar lebih terkendali dan terkontrol

PROSEDUR PENANGANAN PELANGGAN

TAHAP I

Penerimaan Pelanggan

Dilakukan oleh bagian penerimaan pelanggan merangkap administrasi / kasir

1. Cucian kotor diterima oleh bagian penerima pelanggan.

2. Penerima pelanggan wajib menanyakan mengenai pakaian yang akan dicuci, apakah ada yang mudah luntur warnanya, atau ada yang harus dicuci khusus untuk menghindari kesalahan pencucian.

3. Sambil menunggu cucian kotor ditimbang dan pembuatan nota, konsumen diminta menunggu ditempat yang telah disediakan.

4. Cucian tersebut kemudian ditimbang dan dihitung jumlah unit pakaian.

5. Setelah ditimbang, penerima pelanggan kemudian membuatkan nota pembayaran, nota tersebut berisi nama dan alamat pelanggan, berapa jumlah kilogram dan berapa jumlah unit pakaian yang akan di-laundry, dan berapa total pembayarannya, serta keterangan lain (jika diperlukan)

6. Jika terdapat layanan pemilihan pewangi pakaian, pelanggan dipersilakan untuk memilih pewangi sesuai yang diinginkan pelanggan. Dan ditulis dalam nota pembayaran tersebut.

7. Nota pembayaran rangkap ke-1 tersebut kemudian diberikan kepada konsumen.

8. Jika konsumen membayar lunas dimuka, maka nota tersebut dicap “LUNAS” oleh bagian penerimaan pelanggan.

9. Jika konsumen belum membayar, maka pembayaran dapat dilakukan pada saat pengambilan cucian.

TAHAP II

Pencucian

Dilakukan oleh bagian pencucian

1. Cucian ditempatkan dalam box khusus sesuai dengan nama konsumen

2. Untuk memudahkan identifikasi, setiap pakaian diberi nomor urut. Dan nomor urut tersebut ditulis pada nota rangkap ke-2.

3. Cucian yang mudah luntur dicuci tersendiri.

4. Proses cuci dilakukan dengan menggunakan mesin cuci yang tersedia dengan standar penggunaan bahan cuci yang tidak berbahaya, tidak menimbulkan kerusakan pada pakaian maupun warna pakaian.

5. Pengeringan cucian juga dilakukan menggunakan mesin cuci tersebut.

6. Jika proses cuci tersebut telah selesai, maka cucian bersih kemudian diambil dari mesin cuci dan dimasukkan kedalam box sesuai nama konsumen untuk selanjutnya disetrika.

TAHAP III

Setrika Cucian Bersih

Dilakukan oleh bagian setrika

1. Box berisi cucian bersih tersebut kemudian dimasukkan ke ruang setrika untuk disetrika.

2. Penyetrika harus menyetrika satu box sampai selesai sebelum beralih kepada box lainnya untuk menghindari tertukarnya pakaian antara konsumen yang satu dengan konsumen yang lain.

3. Cara menyetrika yang baik adalah dengan memperhatikan bahan kain yang akan disetrika, misalnya untuk bahan kain yang tipis atau sutra, cara menyetrika tidak boleh terlalu panas. Sedang untuk pakaian berbahan jins, setrika dengan panas secukupnya. Oleh karenanya pengetahuan tentang berbagai jenis pakaian atau kain mutlak untuk dimiliki.

TAHAP IV

Bagian setrika merangkap bagian pengemasan

1. Cucian yang sudah disetrika kemudian dikemas dengan menggunakan plastic kemasan tersendiri. Tujuannya adalah agar cucian tetap rapid an wangi sampai dengan diambil oleh konsumen.

2. Sebelum dikemas, bagian pengemasan harus memastikan bahwa pakaian yang dikemas telah sesuai baik dari segi nomor urut maupun jumlah pakaian, dicocokkan dengan nota rangkap ke-2.

3. Pengemasan tidak boleh dipaksakan, artinya pengemasan harus memperhatikan kerapihan pakaian yang telah disetrika. Jika satu kemasan tidak cukup, gunakan dua kemasan atau lebih. Misalnya : baju-baju kerja dikemas tersendiri, celana jins juga dikemas tersendiri.

4. Kemasan tersebut diselotip supaya rapi.

5. Setelah dikemas tersebut, cucian bersih kemudian dimasukkan dalam tas plastic berlogo khusus yang bagian luarnya telah ditempeli nota rangkap ke-2.

6. Setelah selesai, cucian bersih yang telah selesai dikemas tersebut kemudian ditempatkan pada ruang penyimpanan untuk memudahkan pengambilan.

TAHAP V

Serah Terima dan Pembayaran

Dilakukan oleh bagian administrasi / kasir

1. Konsumen yang akan mengambil cucian, diminta menunjukkan nota rangkap ke-1

2. Setelah itu petugas mengambil cucian pada tempat penyimpanan sesuai dengan nota yang ditunjukkan konsumen.

3. Jika konsumen belum membayar (nota belum di cao lunas), maka petugas wajib mengingatkan konsumen untuk melakukan pembayaran.

4. Setelah pembayaran selesai, nota tersebut di cap “LUNAS”

5. Kemudian cucian yang sudah selesai diproses tersebut kemudian diserahterimakan kepada konsumen.

6. Konsumen dipersilakan untuk mengecek pakaiannya, apakah telah sesuai.

7. Jika telah selesai, nota rangkap ke-1 (yang telah dicap “TELAH DIAMBIL” diserahkan kepada konsumen, sedangkan nota rangkap ke-2 diarsipkan sebagai bukti transaksi.

PROSEDUR KOMPLAIN PELANGGAN

Komplain diterima oleh administrasi / kasir / supervisor (jika ada)

Ditanggungjawabi oleh semua bagian yang terkait

1. Komplain kurang bersih langsung direspon dan dikerjakan pada bagian yang dikomplain dengan sungguh-sungguh, tanpa alas an apapun dan langsung dikerjakan.

2. Komplain pakaian yang dicuci rusak atau luntur, harus dipastikan hal tersebut akibat proses pencucian atau akibat pengerjaan. Jika benar, harus ditanggungjawabi supaya konsumen tidak kecewa.

3. Komplain pakaian hilang, harus dipastikan bahwa kehilangan tersebut akibat proses pengerjaan yang tertukar dengan konsumen lain. Jika benar, harus ditanggungjawabi supaya konsumen tidak kecewa disertai permintaan maaf bahwa hal tersebut bukan disengaja, dan memungkinkan untuk diberi voucer gratis untuk pencucian slanjutnya. Untuk meminimalisir komplain pakaian hilang, pada waktu serah terima pakaian yang telah bersih kepada konsumen, bagian kasir harus meminta konsumen untuk memeriksa terlebih dahulu sebelum meninggalkan tempat.

PROSEDUR BAHAN BAKU

Penetapan & Penghitungan

1. Bahan baku harus dihitung untuk beban per kilogram cucian agar dapat ditentuakan penggunaan bahan baku dan perkiraan biayanya.

2. Bahan baku yang dibeli harus dikemas perplastik takaran untuk per kilogram cucian, sehingga memudahkan ukuran bahan baku dalam melakukan proses pengerjaan pencucian.

3. Harga beli bahan baku dibagi jumlah plastic takaran yang dihasilkan untuk mendapatkan biaya bahan baku per kilogram cucian.

4. Bahan baku hilang atau berkurang tanpa sebab yang jelas menjadi tanggungan para karyawan.

Pembelanjaan Bahan Baku

1. Stok bahan baku harus dicatat dalam kartu stok agar pengeluaran bahan baku terkontrol.

2. Wajib melakukan pemesanan atau pembelian bahan baku jika stok  bahan baku sudah pada kondisi sisa maksimum 30%, minimum 20%.

167 Responses

  1. budi says:

    Terima kasih untuk informasi bisnis laundry kiloannya pak, kalau bisa mohon diberikan perhitungan kelayakan bisnis laundry kiloan tersebut !!

    thanks
    Budi / Medan

  2. Wiwied says:

    Infonya bagus. Bermanfaat sekali. Terima kasih.

  3. Librex Hasugian says:

    Mas, saya minta informasi penghitungan takaran penggunaan detergen dan biaya produksi lainnya donk. Saya rencana mau buka laundry, tapi saya belum mendapat perbandingan antara banyak baju, datergent yang dipakai, biaya air, listrik, pewangi, pegawai dan lain-lain. Mohon infonya ya mas..

    • sutan intan says:

      trimakasih atas info bermanfaatnya pak,
      mohon info lebih lanjt seperti pertanyaan sdr librex hasugian, ditunggu infonya, thanks

  4. Yannie says:

    Infonya sangat bagus.
    Saya menanyakan hal yang sama seperti pertanyaan Librex Hasugian.
    Saya tunggu infonya.
    Thanks

  5. SIWA says:

    terimakasih banyak pak .
    komplit banget ,
    saya akan membuka usaha loundyri jika modal dari kakak saya keluar.

  6. Salim says:

    Info nya bagus dan lengkap, apalagi kalau ditambahkan perhitungan biaya produksi yang diperlukan🙂.

    Saya jadi tertarik buka laundry kiloan
    Thanks atas info nya.

  7. Gerard says:

    Menarik jadinya bisnis laudry kiloan ini. Kalo bisa ada perhitungan biaya2 yang diperlukan untuk membuka bisnis ini.
    Thanks buat sharring.

  8. Yeni says:

    Infonya bagus banget..
    Mas..saya minta info bahan-2 pewangi yang murah danpenghilang noda jenis apa yg hrs digunakan..
    makasih..

  9. yosemind says:

    Kalo di Bandung saya bisa referensikan ke teman saya formulator kimia. Beliau bisa membuat pewangi dan penghilang noda yang bagus dan murah dengan aroma yang kita inginkan

    • dona says:

      bisa ga’ mas saya minta alamat or email or no hp temen mas tersebut untuk pewangi dan penghilang nodanya?

    • anto says:

      Mas sy tinggal di bandung, sy bs mnt alamat dan no hp temen mas ga soal pewangi dan penghilang nodanya.

      Makasih mas..

      • mis says:

        bisa saya minta refernsi penghilang noda untuk karat,bekas lunturan pakaiaian tanpa harus merusak warna pakaian .makasih atas infonya.saya domisili dipekanbaru.

    • diah permata says:

      terima kasih atas infonya mas…
      boleh saya dibagi info untuk pewangi dang penghilang noda yg bagus dan murah. kebetulan saya juga tinggal di bandung.
      terima kasih.

    • agnes says:

      bisa minta contactnya mas, tq

  10. widi says:

    mas,…. dengan pemaparan seperti diatas kira2 berapa modal awal yang harus tersedia? trims atas penjelasannya

  11. adhi says:

    mas terima kasih infonya……….
    klo minta petunjuk satu lagi gimana….
    saya seorang mahasiswa yg berkerja pula….
    semisal saya pemodal saja,karena ga punya waktu….
    bisa ga untuk menjalankanya…terima kasih.

  12. yosemind says:

    bisa aja sih, tp usahanya harus yg udah jlas sopnya, seperti franchise yg udah terbukti

  13. Puput says:

    Bingung ada uang 8 Juta, cukup ngga ya untuk buka usaha laundry…

    Saya bingung cari partner dll….

  14. cemet says:

    mas Q minta tlg ya…!!!
    Q kpengen tau rincian pembelian alat2 loundry beserta bahan2 nya juga ya…??
    Q kpengen buka loundry . . .!! kliatannya prospeknya bgs.
    oh ya juga mas q tlg dksh jenis mesin cuci yg bgs&kuat untk loundry?
    Q cuma pnya bagdet 10jt….???
    tlg ya …..!!!! tks buanget
    sy tnggu bls’annya

  15. Helmy says:

    Kalau ada yang butuh mesin laundry, meliputi
    mesin cuci (washer), mesin pengering (Dryer) bahan bakar gas, baru dan bekas dengan harga terjangkau. cocok utk usaha laundry kiloan. silahkan kunjungi
    http://www.harusbeli.com atau http://www.mesinlaundry.com

    terima kasih

  16. Apique says:

    artikel ini sangat membantu untuk usaha yg sedang saya jalankan… thx bro!!

    btw, ada yg tau tempat jual parfum laundry di jakarta??!

    matur suwun..

  17. wanti says:

    tolong bantu alamat utk beli perlengkapan londri dan mesin maklum dana terbatas tp ingin usaha’.serta obat2annya.

  18. sugiik says:

    wah bisa nanya nih pak ?

    teknis nyuci yg luntur gimn ?
    yg kain2 sensitif/gampang rusak bisa digabung tuh ?

    trus jenis parfum laundry ? dapatnya dimn?

    tertarik nih gw ma jenis usaha yg 1 ini, tapi aku blank sama sekali mengenai teknisnya…

  19. anggraini says:

    mas,saya sudah buka cucikiloan d bdg, mohon tips pemasaran dan agar pakaian pelanggan tidak tertukar satu sama lain, bagaimana kalau kita membuat komunitas pengusaha cucikiloan untuk saling bertukar pikiran dan untuk memajukan usaha kita bukan sebagai pesaing. terimakasih.

  20. mia says:

    saya sudah buka usaha laundri kiloan walau masih bergerilya. sementara ini saya masih pake pewangi pakaian dari merk2 yg di mall2. cuma setelah kering pakaian tidak begitu wangi. merk apa dan di mana saya bisa membeli pewangi pakaian utk usaha laundry ini.yang bisa wangi tahan lama dn murah..mohon bantuannya. thank

  21. adhy says:

    gimana konsep marketingnya. apa cuman dengan menyebar brosur, pasang iklan di koran atau gmn ??bisa lebih detail lagi ga mas (saya minat buka usaha laundry,tapi masih bingun dengan sistem marketingnya)
    Thank

  22. djoko says:

    trims, atas pencerahannya mengenai laundry kiloan.
    jadi tertarik untuk usaha, nih.

    Boleh nanya, kan?

    peralatan apa saja yang dibutuhkan (tmsk:spesifikasi)?
    dimana bisa kita beli? ada yg seken, gak?
    Bahan baku yang hemat & bagus, apa, beli dimana?
    prediksi awal pakaian luntur gimana?
    noda2 bandel, cat, tinta apa ada cairan khusus?
    Pewangi yang bisa tahan lama, apa?

    byk bgt nih nanyanya, abis baca artikel lgsg semangat. mdh2an tdk capek jawabnya.
    lemah teles, mas. Gusti Allah sing mbales.

    trims bgt.

    djoko, jak-tim

  23. irene says:

    boleh minta bantuannya untuk pewangi dan penghapus nodanya? trus boleh dong (kalau punya) formula untuk perbandingan air, sabun cuci, sabun pewanginya trus kira2 persentase balik modalnya setelah berapa lama.. (saya lagi survey mengenai laundry kiloan nih)
    thanks atas infonya..

  24. Yusup says:

    Tanks,atas informasinya&bila rekan2 mau mendapatkan detergen dn kwalitas bagus serta ramah lingkungan hubungi saya.thanks sir….

  25. sigit pramono says:

    mau tanya apakah untuk pengering pakaian hrs di lakukan pada mesin cuci itu ,,,,,atau ada kah mesin pengering khusus,,,,sehingga cpt kering trus lsng di setrika,,,,,,trus ada kah mesin untuk setrika otomatis
    lalu brp lama proses mulai dari cuci sampai setrika

    thks sgt

  26. Budiarty says:

    pa Bisa minta tolong info nya mengenai pewangi yang khusus laundry, katanya ada yang pas dicuci tdk wangi, tapi setelah kering bisa wangi, minta info nya ya, karena kalau pakai yang biasa dijual di pasaran hasilnya kurang wangi dan lebih boros. juga minta info mengenai detergen cair yang bagus untuk menghilangkan degil dan bekas minyak.
    ditunggu infonya
    Trims
    tyarsetya@yahoo.co.id

  27. Budiarty says:

    sedikit info untuk pa sigit
    kalau untuk mengeringkan ada mesin pengering yang dijual terpisah, sehingga setelah dari mesin bisa lsng disetrika. harga sekitar 3 juta an

  28. Budiarty says:

    pa Yosemind
    Minta info nya yang jual formulator kimia. yang bisa membuat pewangi dan penghilang noda yang bagus dan murah dengan aroma yang kita inginkan
    kebetulan sy juga di bandung
    di tgu infonya ya di email saya
    tyarsetya@yahoo.co.id
    trims ya

  29. Budiarty says:

    pa Yosemind
    Minta info nya yang jual formulator kimia untuk pewangi dan penghilang noda yang bagus dan murah dengan aroma yang kita inginkan
    kebetulan sy juga di bandung
    di tgu infonya ya di email saya
    tyarsetya@yahoo.co.id
    trims ya

  30. yosemind says:

    untuk formulator kimia bisa kontak pt. ultraco, 022-7514035

  31. rudy says:

    Mas, saya minta informasi penghitungan takaran penggunaan detergen dan biaya produksi lainnya donk. Saya rencana mau buka laundry, tapi saya belum mendapat perbandingan antara banyak baju, datergent yang dipakai, biaya air, listrik, pewangi, pegawai dan lain-lain. Mohon infonya ya mas.. bisa info ke email saya di rudy_bonsa@yahoo.com atao sms/call ke 08129003293

  32. fajar says:

    Mas, saya minta informasi penghitungan takaran penggunaan detergen dan biaya produksi lainnya donk. Saya rencana mau buka laundry, tapi saya belum mendapat perbandingan antara banyak baju, datergent yang dipakai, biaya air, listrik, pewangi, pegawai dan lain-lain. Mohon infonya ya mas.. bisa info ke email saya di piop1@yahoo.com

  33. piyo says:

    Nice article! Pak, minta ijin naruh artikel ini di blog saya ya. Makasih.

  34. dody says:

    mas tolong infonya perkiraan biaya sec.ara detail klu mau buka laundry
    biaya,harga mesinya dan servisnya,,upah karyawan,harga obat2/pewangi&sabun tanks atas infonya mohon dikirim ke dody.erwan@yahoo.com

  35. uni says:

    mas, dimana yah beli detergen, pewangi, pelembut yang tahan lama? sekalian dengan penghilang noda

    • Tejes says:

      I just want to mention I am very new to bloinggg and site-building and really enjoyed your website. Likely I’m planning to bookmark your site . You surely have perfect writings. Thanks a lot for sharing your website page.

  36. danu says:

    Pak, menarik sekali artikel tentang bisnis londry kiloan. Mohon dibantu untuk penghitungan kelayakan harga, dan info detergen, pewangi dan pelembut yang terjangkau harganya tapi kualitas baik.Sebab saya sudah terjun di bisnis ini. Terima kasih

  37. tyas says:

    pak, info bapak sangat-sangat membantu kami yang sedang menyiapkan usaha londry.
    Maaf, bapak ada cara (formula) penghitungan waktu saat konsumen hanya ingin cuci stgh kering, setrika saja atau suci sampai setrika, inginnya kita tepat waktu saat melayani konsumen.
    Bagaimana pula bila konsumen ingin pelayanan 1 day service.
    Tk

  38. agust says:

    mas tolong infonya perkiraan biaya sec.ara detail klu mau buka laundry
    biaya,alat2 yg perlu disediakan seprti mesin cuci (harganya), pengering masalah takaran detergen dan pewangi,,upah karyawan,harga obat2/pewangi&sabun tanks atas infonya

  39. fi_yu says:

    Thx atas INFO nya yg berharga ini

  40. sinli says:

    dashyatttt infonya, boleh minta tolong info penghancur noda yang baik karena kita sering dikomplain kurang bersih dan bagaimana supaya wanginya tetap bertahan padahal kita sudah pakai pewangi yang diklaim bisa wangi berhari-hari. ada info tempat jual mesin bekas tidak?

  41. Prima tekhnik says:

    Perakitan & jual second mesin Laundry industry & hotel mesin cuci, dryer, extraktor, boiler Hub : ( 021 ) 98827511 Hp 0816863085

    • silvergroup says:

      sungguh keren, sy tertarik mdh2an sy bisa dpt rincian biaya detailnya, untuk memperhitungkan seluruh biaya kalo saya mau memulainya, tq

  42. Prima tekhnik says:

    perakitan & jual second mesin laundry, washing, dryer, extraktor, boiler uap, hub : ( 021 ) 98827511 hp 0816863085 unt info lebih lanjut di htt;//primatekhnik_machinery.blogspot.com

  43. marry says:

    info yang sangat bermanfaat sekali, saya sudah mempersiapkan tempat, mesin cuci dan mesin pengeringnya namun saya masih kekurangan informasi mengenai dimana saya harus menyetok untuk deterjen dan pewangi untuk laundry kiloan? saya juga masih bingung dengan harga alat dryclean. apakah bapak bisa memberi tahu kepada saya dimana saya bisa membeli alat dryclean dan bahan-bahan deterjen dan pewangi pakaian untuk usaha laundry kiloan saya?

  44. PutriKliin says:

    Informasinya sangat menarik dan membantu sekali
    Bagi yg butuh pewangi ataupun detergent silahkan bisa kontak saya
    atau ke http://laundryputrikliin.blogspot.com

  45. ria dewi says:

    TQ atas tips2nya……
    modal awalnya berapa ya…..
    mesin cuci bagusnya yang merek apa……
    TQ

    • alam says:

      Jika Anda berminat joint untuk buka usaha laundry di kota Anda dengan modal terjangkau, kirimkan data diri dan alamat rencana lokasi usaha Anda lengkap dengan foto ke vip.Laundry@ymail.com, kami siap bekerjasama saling menguntungkan , dengan strategi pemasaran yang jitu, siap untuk sukses.tq

  46. anda butuh mesin laundry untuk industry , hotel & perumahan di atas 20 kg hubungi kami prima teknhnik machinery khusus perakitan mesin laundry lihat pruduk kami di http//;primatekhnikmachinery.blogspot.com
    email : primatekhnik_machinery@yahoo.com

  47. yustin says:

    thanks buat info nya…

  48. dinar wash & dry says:

    amazing…infonya edan bgt…saya dapet ilmu ini di mata kuliah sistem informasi manajemen ma akuntansi,,,waw…klo cara dapet pelanggan banyak gmna ya? pdhal tmpat cucian saya pnampilannya udah ok…hrganya juga murah bgt…

  49. Martin B S says:

    Bagi teman ada alternatif lain jika ingin buka laundry

    saran
    untuk membuka laundry pengalaman tim kami sebagai konsultan laundry adalah sebagai berikut:

    1. lebih baik kerjasama dengan sebuah waralaba.
    karena teman2 bisa lebih fokus di marketingnya.
    akan ada tim yang lebih fokus di pengembangan
    laundrynya
    ada support marketing analisa dari pusat.
    2. banyak laundry gulung tikar tiap hari
    karena kalah saingan dengan pemilik modal besar.
    dengan bekerjasama dengan waralaba kalian akan
    menjadi 1 kekuatan besar.
    3. tidak hanya masalah laundry tapi juga pengembangan
    managementnya

    kami dari BEACHWARALABA.com dengan kekuat jaringan deterjen di jawa, sumatra, kalimantan, sulawesi.

    PRODUKSI BEACH DETERJEN
    bulan feb 2009
    lebih dari 3 ton /bln

    dan juga sistem management yang handal akan memberikan solusi untuk semuanya.

    bagi yang ingin menjadi mitra kami bisa kontak
    087861011012
    email info@beachwaralaba.com
    YM BEACHWARALABA

  50. hendro says:

    sangat bermanfaat nih buat saya yang baru ingin mulai trims….
    tapi saya masih bingung tuk modal yang harus di keluarkan
    jd bisa kasih saya informasi yang lebih ditail lg ga,mengenai perincian dana yang harus di keluarkan???

  51. Diyyan says:

    Wahhh ini yang saya cari2 selama ini……………
    Hatur nuhun pisan………………..

  52. Murtamah says:

    Wahhhh… ok banget info Laundry Kiloannya..
    pak, mau donk contoh laporan keuangan untuk usaha Laundry, dan jenis catatan apa saja untuk Usaha Laundry Kiloan.

    Thanks.

  53. Murtamah says:

    Wahhhh… ok banget info Laundry Kiloannya..
    pak, mau donk contoh laporan keuangan untuk usaha Laundry, dan jenis catatan apa saja untuk Usaha Laundry Kiloan.

    Thanks.
    MR Laundry

  54. selvi says:

    menarik sekali informasinya pak…
    kebetulan saya juga sedang melirik utk memulai bisnis laundry kiloan.
    bisa di bantu utk informasi modal awal dan bahan2 (deterjen, pewangi dan peralatannya )?
    terima kasih banyak🙂
    email : noniek_selvi79@yahoo.com

  55. widi says:

    Informasinya sangat menarik…
    saya punya rencana ingin membuka bisnis laundry kiloan.
    sebagai pemula dan belum pernah berbisnis,
    bisa di bantu utk informasi kira2 berapa modal awal? dan menggunakan bahan2 (deterjen, pewangi dan peralatannya ) apa saja yg menguntungkan dari sisi bisnis? dan dimana diperoleh bahan2 tersebut secara grosir?
    terima kasih info baliknya, saya tunggu🙂

    • alam says:

      Jika berminat untuk joint bu Widi dengan kami, boleh kirimkan data diri dan alamat rencana usaha Laundry di kota Anda,modal cukup terjangkau, kami tunggu via email di : vip.laundry@ymail.com, mohon dicantumkan alasan usaha ini akan maju pesat diwilayah tersebut., kami siapkan strategi pemasaran jitu untuk Anda,tq

  56. wita says:

    mas bagus bener nih infonya. Boleh dibantu untuk merk detergent serta pewanginya beserta takaran. N detergent ama pewangi atas recomedasi mas bisa saya dapet di mana. Ditunggu banget infonya mas.
    Tx Before

  57. Opeks says:

    Sip…sip.!
    Akhirnya ketemu juga..!Ternyata ruwet juga ya. Pandangan saya sih gak sdetil ini. ternyata kalau pingin “”besar”” harus profesional kayak gitu ya..?
    Thank bgt infonya. Sangat bermanfaat buat saya.

  58. mas numpang tanya nih. untuk mesin pengering biasanya ambil dimana dan pakai merek apa ya. tolong dibalas ya soalnya saya udah hampir bukak laundry tapi belum ketemu mesin pengeringnya. tq ( r.surantha@gmail.com

  59. uha suharsah says:

    mint bantuannya donk, detergent apa yg khusus u ush laundry yg tdk merusak pakaian, takeran, jg cara mencuci, mengeringkan pakaian, juga detergentnya beli dimana???smua alat2x juga bahan2x u ush laundry ada di toko mana ya???thx

  60. farida karim says:

    bagus bener nih infonya. Boleh dibantu untuk merk detergent serta pewanginya beserta takaran. dan pengilang noda atas recomedasi mas bisa saya dapet di mana. Ditunggu banget infonya mas.

  61. farida karim says:

    bagus bener nih infonya. Boleh dibantu untuk merk detergent serta pewanginya beserta takaran. dan pengilang noda atas recomedasi mas bisa saya dapet di mana. Ditunggu banget infonya mas.( farid8834@yahoo.com

  62. farida karim says:

    mas sy mau tau dimana tempat pemesanan sabun, pewangi serta penghilang noda dan berapa takarannya, tks infonya

  63. ita says:

    makasih banyak infonya saya sangat banyak terbantu dan saya pun tertarik untuk membuka laundry kiloan tapi bisa gak bapak memberikan info tentang kerja sama, modal yang dibutuhkan dan trik memasarkan nya.. maksih ya infonya

  64. budi santoso says:

    thank,s ifonya membuat saya harus jadi pengusaha

  65. Salam….
    Saya baru tahu ada forum diskusi soal laundry. Saya mohon diijinkan untuk ikut dalam forum ini. Saya tidak mempunyai jasa laundry, tetapi saya ingin menawarkan produk deterjen ramah lingkungan yang sangat sesuai, efektif, irit, boleh dites dengan semua merek di pasaran atau produk MLM untuk laundry dan rumah tangga. Info lebih lanjut silahkan menghubungi saya di (0341) 477637, atau klik di http://www.venusindonesia.com. Terimakasih

  66. yamin says:

    Perkenalkan, Saya punya pewangi pakaian curah sisa produksi pabrik, rutin 1000 liter per bulan dengan hanya membayar setengah harga biasa. Barang diambil ke lokasi di wilayah depok. yang berminat hubungi saya 021-93133606. terima kasih

    • Ningsih says:

      Mau tanya Pak Yamin apakah sampai sekarang masih ada pewangi curahnya? aromanya apa saja dan berapa harganya. Belinya eceran atau parte besar?

  67. wisnu says:

    maksih banyak infonya tp sy yg blm tw tentang formula utk sabun cair,atau parfum apa yg diguankan sehingga pakaian tetap harum setelah proses selesai sampai penemasan.

  68. […] link nya http://yoserizal.com/panduan-praktis-memulai-usaha/business-start-up/laundry-kiloan/ Tagged with: [ luandry kiloan ] You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 […]

  69. sutan intan says:

    mohon info lebih lengkapnya pak, thanks

  70. hans erawan says:

    bagaimana agar pakaian wangi?wanginya kalau bisa tahan lama..trus biaya pewanginya kalau bisa murah…

    terima kasih

  71. Fauzi says:

    1 Mesin Cuci Merk Elektrolux type EWF 984
    1 Mesin Pengering/Dryer EDV 606 M
    1 Meja Gosok Full Besi Standar 5asec cuma ga ada uapnya aja
    1 Meja sink = buat pra laundry(sikat2 kotoran ringan eks. sikat kerah)
    1 Timbangan buat kilo2in pakaian kotor
    Bonus Keran2, Peralon, selang
    Semuanya baru pake 5 bulan Garansi masih ada….barang smua kondisi ok..!!
    Minat hub:021-92863392 smua 11juta aja pasti untung

  72. panji asmoro says:

    Saya yang memang berniat usaha ini sangat terbantu…
    Boleh tanya beberapa hal…???

    1. Peralatan apa saja yang dibutuhkan (tmsk:spesifikasi)?
    2. Dimana bisa kita beli?
    3. Berapa kisaran harga alat2 itu..??
    4. Bahan baku yang hemat & bagus, apa, beli dimana?
    5. Prediksi awal pakaian luntur gimana?
    6. Noda2 bandel, cat, tinta apa ada cairan khusus?
    7. Pewangi yang bisa tahan lama, apa?

    Saya tunggu balasannya mas…

    trims bgt.

    Panji (jakarta timur)

  73. onyx says:

    Q bru merintis usaha laundry. Seteleh d cuci dn d bri pewangi n d jmur pakaian gk wangi lg. ksh tips n trikx doong.. dn pwangi/parfum apa yg co2k tuk usaha laundry n d mana q bs dpt

  74. Fine says:

    Hai salam kenal! Saya tertarik sekali ingin membuka usaha laundry kiloan, oleh karena itu saya browsing di internet dan saya sangat berterima kasih karena menemukan banyak artikel menarik mengenai laundry kiloan yang dibagikan gratis, salah satunya seperti yang dibuat oleh Anda.

    Kebetulan hari ini saya menemukan (dan akhirnya memutuskan untuk membeli) buku poket mengenai laundry kiloan di Gramedia Pondok Indah Mall, Jakarta sebagai berikut :

    Judul : MANDI UANG BISNIS LAUNDRY KILOAN
    ISBN: 978-979-19951-1-5 Cetakan 1, Juni 2009
    Disusun oleh : David Chun (Pengusaha sukses Laundry Kiloan)
    Diterbitkan oleh : Bale Siasat, Jl. Tasura 31 Pugeran, Maguwoharjo, Yogyakarta
    Didistribusikan oleh : CV. Diandra Primamitra Media, Jl. Tasura 31 Pugeran, Maguwoharjo, Yogyakarta

    Namun alangkah kagetnya, ternyata isi buku tersebut 90% telah saya baca di internet dengan kata2 yg sama persis alias copy-paste, just FYI salah satunya termasuk artikel di atas yg dibuat oleh Anda. (Secara pribadi saya kecewa juga karena harus membayar Rp.15.000 untuk artikel yg bisa saya baca gratis di internet.)

    Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat untuk Anda, karena saya khawatir ini merupakan “pencurian hak cipta”. Sukses selalu!

  75. edah says:

    Good…thanks all for information, semoga anda lebih sukses lagi karena sudah mau berbagi tanpa pamrih

  76. bunda klin says:

    salam kenal utk semua, saya sdh menjalankan usaha laundry kiloan ini 6bln, bln pertama mmg sepi begitu memasuki bln berikut lumayan, kendalanya pewangi untuk finisingnya, dr chemical yg saya pakai mmg ada. pesanan pertama wangi tp selanjutnya kurang wangi,skrg saya pakai produk yg dijual di pasaran tp ya…kalu dihitung2 sih boros, gmn jln keluarnya ya, mohon infonya

    • rony binggo says:

      Dengan Hormat,
      Bersama ini kami dari PT. NAGA CORIGO KENCANA, sebuah perusahaan multinasional yang memproduksi produk chemical untuk keperluan laundy dengan bran BINGGO berniat untuk menawarkan produk kami dengan kwalitas yang terjamin dan harga yang kompetitif.

      Berikut Harga Produk Laundry BINGGO :

      1. DETERGENT SOBRIGHT 01 / 20 kg –
      Rp. 194.250,-
      2. DETERGENT SOBRIGHT 03 / 20 kg –
      Rp. 165.165,-
      3. DETERGENT SOBRIGHT 04 / 20 kg –
      Rp. 259.875,-
      4. DETERGENT LIQUID / 20 Lt –
      Rp. 273.000,-
      5. ALKALI / 20 kg – Rp. 231.000,-
      6. ALKALI LIQUID / 20 Lt – Rp. 294.000,-
      7. EMULSIFIER / EFI / 20 Lt – Rp. 252.000,-
      8. BLEACH / 20 Kg – Rp. 311.850,-
      9. OXY BLEACH LIQUID / 20 Lt –
      Rp. 315.000,-
      10. CARPET SHAMPOO / 20 Lt –
      Rp. 229.276,-
      11. NEUTRALIZER / 20 Kg – Rp. 231.000,-
      12. NEUTRALIZER / 20 Lt – Rp. 294.000,-
      13. ANTI KARAT / 20 Lt – Rp. 192.600,-
      14. SOFTENER ( BLUE, PINK ) / 20 Lt –
      Rp. 184.800,-
      15. PEWANGI ( BLUE ) / 20 Lt. –
      Rp. 147.840,-
      16. TRIKLIN / 20 Lt – Rp. 254.500,-

      Terima kasih

      Rony “BINGGO”
      32082411 / 95026659 / 08151894578

    • Agusdewi says:

      Semoga makin sukses usaha laundry nya yaaa,,,
      Bau pada pakaian selalu menjadi kendala bagi sebagian besar Pengusaha Laundry.
      Faktor utama adalah “AIR”,itu pasti.
      Cucian yg tidak 100% kering,Pelicin yg menggunakan unsur Air,Pewangi yg beralkohol sehingga kalau dibungkus akan menjadika berubah wanginya.
      Untuk itu kami menemukan Pewangi yg tidak mengandung Alkohol.
      http://deterjen.blogspot.com/
      Terimakasih

  77. Kami Bermaksud menawarkan Software Untuk Usaha Laundry dan Dry Cleaning di Yogyakarta

    Fasilitas Program Aplikasi tersedia :
    -Data Item,
    -Petugas,
    -Corp
    -Transaksi,
    -Laporan-Laporan,
    -dll.

    Untuk Informasi hubungi kami :
    IRONSOFT Yogyakarta (office)
    JL. Tata Bumi Selatan 99B Yogyakarta
    Telp/Fax. 0274 6936049 / 626075

  78. Yudi Rahono says:

    Terima kasih artikelnya mohon ijin memirror artikelnya ya.

    best regard

    mitralaundry

  79. ayank says:

    trim’s infonya
    klo daftar harga nya juga bisa ga???/

  80. josefa says:

    Terima kasih atas artikel ini, sangat membantu.Kalau saya ingin belajar gimana ya? Soalnya saya tertarik dengan bisnis ini.Tolong dibantu.

  81. josefa says:

    Saya ingin belajar mengenai bisnis ini, tolong dibantu.

  82. bluelion says:

    lg butuh pegawai laundry yg udah berpengalaman nih karena marketnya bagus..bagi yg berminat hub aja di 021 80769639

  83. Salahuddinabadi says:

    terima kasih, mohon kl ada gambar yang bisa dibagi

  84. tedi suriadi says:

    kami dri percetakan menawarkan bon/kwitansi,brosur,spanduk,baner.dll hub:tedi (021)44512912 HARGA SUPER MURAH. CONTOH HARGA BON UKURAN 1/4 FOLIO RP.5000/BUKU 2rangkap. harga bisa nego. data ANTAR JEMPUT GERTIS.

  85. imamfa says:

    salam kenal, mungkin info yg saya sampaikan bermanfaat buat teman teman yg tertarik dengan bisnis laundry kiloan, kebetulan sy sudah menjalani bisnis ini selama 2 tahun, dan alhamdulillah perkembangannya menyenangkan. silahkan mengunjungi situs kami di http://www.8ightlaundry.blogspot.com

    salam kenal

  86. septi aji says:

    bisnis laundry emang bagus,ada perlu yg diperhatikan dlm bisnis laundry seperti bau apek klo musim hujan dtg,kami perhatian itu sbnr bnrnya pewangi laundry kami ada 6 jenis,yg menjadi favorite di bekasi barat dan serpong adalah blue ocean.
    mulai dr PADANG hingga IRIAN JAYA,Ibu rmh tangga sampai anak2 kost menyukai wanginya yg thn lama.

    bagi yg berminat bekerja sm dgn kami hubungi 0274-3151618

  87. Pusat Penjulan Peralatan, Perlengkapan Laundry dan Mesin Laundry

    http://www.mesinlaundry.com

    Menjual : Segala peralatan dan Perlengkapan Usaha Laundry, Mesin-mesin Laundry

    (Mesin Dryer, Washer Extractor, Seterika Uap, Chemical Laundry, Spare Part, Service, dll)

    Telp. 021-77200069, 77217644
    Fax. 021-77217644
    SMS. 08888510088
    email. sales@mesinlaundry.com

    • Laston says:

      Pak/Ibu Sales,,

      Saya berencana mau buka laundry kiloan, mohon informasi harga penawaran peralatan untuk 1 set.

      Terimakasih/081210177506/0218206984

  88. HANI says:

    WAH INI YANG KITA CARI SETUJU KALAU BIKIN PERKUMPULAN PENGUSAHA LOUNDRY, MESKIPUN SAYA BARU MULAI HI. . PAK MOHON INFO MENGENAI PRODUK DETERGEN DAN PEWANGI YANG OK, SAYA PEMULA INGIN TAHU LEBIH BANYAK LAG SOAL LOUNDRY TIP PENGHILANG NODA JUGA MENGENAI CARA SETRIKA YANG BAGUS DAN INFO TTG SETRIKA UAP.

  89. arana says:

    saya uda lama berencana buka laundry.. stlh bc artikel sy semakin yakin..mohon sharing utk biaya2 operasionalnya ya..tx

  90. Kami alhamdulillah telah memiliki lebih kurang 1000 agen di beberapa kota di Indnonesia.

    Ayo siapa yang menyusul menjadi pengusaha laundry ….

    Beberapa Client terbaru kami adalah :

    * Regita Laundry & Dry Cleaning

    Rejosari 1 tlangu, sukorejo-kendal

    0294- 451770 – 081392415270

    * Cahaya Laundry

    Gg Nangka 3A Sekaran Semarang

    024-70642320

    * Geith Laundry

    Gegerkalong Girang 88 Bandung

    * Home Laundry

    Palem City Resort

    Ruko Malibu H-29

    021-36965101

    Kami sediakan beberapa paket usaha laundry kiloan untuk Anda, atau sesuai anggaran Anda.

    Kontak :
    email : pak.hanung@gmail.com

    Terima kasih

    • yulia says:

      siang pak…boleh tau nggak, paket kerjasama yg ditawarkan oleh bpk adalah sebagai agen atau kita membeli paket usaha atau bgmana??seandainya saya hanya ada modal 16 juta,..apa saja yg bs saya dapat..terimakasih

    • lely says:

      siang pak hanung…spt rekan2 yg lain yg sudah tnya2 ke bpk, mengenai paket2 usaha laundry yg bpk tawarkan.kalo saya punya budget dana kurang dr 20jt, saya bs dpt paket apa??txs responnya.mohon di reply ke email saya.

  91. wirid says:

    Andai banyak orng mau berbagi kaya sobat yg satu ini. Sungguh akan jadi pahala yang tak terputus. Praktis aplikatif. Saya banyak belajar dari beliau. Mas Yoserizal. Tks & Salam kenal

  92. Teguh says:

    Untuk yang serius usaha laundry dan mempercepat keberhasilan dengan didukung oleh team yang berpengalaman 14 tahun dalam bidangnya, kami menyediakan paket franchise Laundry On Kilo untuk seluruh indonesia.
    Info labih lanjut :
    0274-7433100
    0818270338
    email :
    meliaonkilo@yahoo.co.id
    tghrachmat@yahoo.com

  93. wahyu says:

    infonya sangat detail.
    thank yach

  94. Starbio Plus says:

    Terima kasih infonya. Sungguh info yang sangat berguna!

  95. budi says:

    hebat” ini benar” pembelajaran yang sangat” beguna buat saya….dan kayaknya semua setuju untuk di acungkn jempol buat anda… thank’s ya bozzzz

  96. rony says:

    Dengan Hormat,
    Bersama ini kami dari PT. NAGA CORIGO KENCANA, sebuah perusahaan multinasional yang memproduksi produk chemical untuk keperluan laundy dengan brand BINGGO berniat untuk menawarkan produk kami dengan kwalitas yang terjamin dan harga yang kompetitif.

    Berikut Harga Produk Laundry BINGGO :

    1. DETERGENT SOBRIGHT 01 / 20 kg – Rp. 194.250,-
    2. DETERGENT SOBRIGHT 03 / 20 kg – Rp. 165.165,-
    3. DETERGENT SOBRIGHT 04 / 20 kg – Rp. 259.875,-
    4. DETERGENT LIQUID / 20 Lt – Rp. 273.000,-
    5. ALKALI / 20 kg – Rp. 231.000,-
    6. ALKALI LIQUID / 20 Lt – Rp. 294.000,-
    7. EMULSIFIER / EFI / 20 Lt – Rp. 252.000,-
    8. BLEACH / 20 Kg – Rp. 311.850,-
    9. OXY BLEACH LIQUID / 20 Lt – Rp. 315.000,-
    10. CARPET SHAMPOO / 20 Lt – Rp. 229.276,-
    11. NEUTRALIZER / 20 Kg – Rp. 231.000,-
    12. NEUTRALIZER / 20 Lt – Rp. 294.000,-
    13. ANTI KARAT / 20 Lt – Rp. 192.600,-
    14. SOFTENER ( BLUE, PINK ) / 20 Lt – Rp. 184.800,-
    15. PEWANGI ( BLUE ) / 20 Lt. – Rp. 147.840,-
    16. TRIKLIN / 20 Lt – Rp. 254.500,-

    Terima kasih

    RONY
    021-32082411 / 021-95026659 / 08151894578

  97. laundrypadang says:

    Numpang situs ya
    Bagi yang membutuhkan keperluan laundry khsusnya chemical seperti deterjen, softener parfum dll serta perlengkapan seperti tag gun dan hanger.
    Kami merupakan Distributor produk Deterjen Indonesia untuk Wilayah Sumbar, Riau, Jambi dan Bengkulu untuk info lebih lanjut silahkan klik http://www.padanglaundry.co.cc/

    terima kasih

  98. Papua laundri says:

    Kami butuh perincian dan alat2 apa sj untk bisnis loundri di papua. Thanks infox

  99. dika says:

    ini yg aku cari2 selama ini!!!

  100. haryanti says:

    Info diatas sangat bagus sekali tapi akan lebih bagus lagi jika ditampilkan bentuk laporan keuangannya beserta neraca dan rugi laba penutup..berhubung saya baru bekerja pada bagian keuangan pada usaha laundry besar di kalimantan barat khsusunya di pontianak, tapi sampai saat sekarang saya cuma baru membuat laporan rugi labanya…jagi tolong info tentang laporan neracanya berikut jurnal penutup untuk akhir tahun.

  101. haryanti says:

    Oiya, tolong jawabannya dikirim ke email saya…makasi sebelumnya. sukses selalu.

  102. yulia says:

    saya berminat bgt untuk buka..minta tolong dong kalo ada yg bisa kasih info perhitungan awal untuk membuka usaha loundy dengan 1 mesin cuci 1 mesin pengering..apa saja mereknya..dan pewanginya…
    ada klub untuk tanya2 tentang usaha loundry ini ga?thanx bgt

    • Agusdewi says:

      Banyak sekali info yg bisa kita dapatkan tentang Usaha Bagus ini.
      Saran kami :
      Jangan pernah Takut untuk memulai Usaha ini. Ini PROSPEKTIF BANGET..
      Begitulah yang kami lihat dari Pengusaha2 Laundry Pelanggan kami.
      Bahkan bila itu Lokasinya di tempat yg Sepi…
      Akan selalu ada Pelanggan kok.
      InsyaAllah..

  103. millia says:

    Dijual gas dryer kapasitas 30 kg
    99% baru, masih garansi
    3 phase 1400 watt
    harga 25 juta
    hub (021) 9266 4069, 0857 1172 3088

  104. isyana says:

    terimakasih artikelnya……….sy tambah semangat buka loundry

  105. duocantiq says:

    Tolong dong agen chemical untuk area jogjakarta dimana?

  106. Musa says:

    Tolong alamat penyedia bahan2 kimia laundry yang dekat dengan kota tegal.Bagi yg tahu hubungi saya di brug_abang@yahoo.com.Terima kasih

  107. itta says:

    Sy tertarik mo laundry kiloan beli mesin dryernya wattnya berapa ? & belinya dimana tk

  108. silvia says:

    Minta ijin untuk copy paste di situs laundry kami ya,… http://www.klinmax.com

  109. Ningsih says:

    Informasi yang sangat berguna.Terima kasih Pak.
    Mau menawarkan juga yang ingin jadi agen laundry kiloan untuk lokasi Ciputat, Pamulang, BSD dan sekitarnya dapat menghubungi Ibu Ningsih no. 0815.13804380 atau 021-68846763

  110. lengkap juga ya artikel nya, btw, tapi mau tanya nih, artikel tsb diatas apakah teoritis, atau memang sudah dipraktekan? Setiap tahap itu, yg mengerjakan orang2 nya beda2 atau gimana? Metode pengerjaan agar baju tidak hilang, tidak ketukar, bagaimana? Boleh dong sharing2 nya…

  111. iin says:

    Pak aku mau tanya ttg usaha laundry kiloan ini

    1. Mesin cuci yang digunakan seperti apa untuk membuka usaha ini

    2. apakah ada deterjen khusus untuk usaha ini, trus merknya apa yaa..

    3. Apakah ada pewangi khusus untuk laundry ini?
    4. Cara mencuci pakaian yang mempunyai serat yang berbeda2 ( trik khusus untuk mencuci)

    trimakasih sebelumnya

  112. hi, artikel ini apakah hasil dari praktek, atau teori yah?

  113. Siapa mau join, saya siap menjalankan tugasnya sebagai agen resmi di Bandung. Siiippp.

  114. rini says:

    terima kasih atas infonya yang sangat berguna sekali tetapi saya punya pertanyaan mohon di jawab 1.merk detergen apa yang bagus?
    2.merk pewangi apa yang bagus,tahan lama dan jika pakaian tdk kering tidak menjadi bau apek?
    3.kalau boleh saya juga ingin tau jenis mesin cuci seperti apa yang bagus dan tepat?

    saya tunggu jawabannya

    TERIMA KASIH

  115. makmur londri says:

    assalamm..

    terima kashi infonya tentang usaha londri..

    mohon bantuan informasi mengenai harga:

    1. detergen.
    2. pewangi.
    3. plastik jas
    4. plastik pembungkus
    5. mesin cuci yang bagus untuk usaha londri??
    6. mesin pengering yang awet dan murah merk apa? harganya berapa???

    untuk detergen termasuk ongkos kirim lampung,,

    mohon email ke makmur.londri@gmail.com

    atau hub fleksi 0721-7317006.
    terima kasih.

  116. hari says:

    Boleh tahu, minta info kebutuhan dan perbandingan bahan untuk pencucian dan rekapitulasi harga per 1 kg.
    Untuk memperhitungkan kelayakan harga per kg.

    Informasi saudara sangat bermanfaan bagi saya.

    makasih
    hari

    • Agusdewi says:

      Dari pengalaman kami berinteraksi dengan beberapa Laundry Pelanggan kami,Biasanya mereka menggunakan Deterjen 2Sendok Makan/Sekali Cuci 5-6 kg Cucian.

  117. jhony says:

    untuk di kota padang dimana pemesanan segala perlengkapan laundry.???? seperti perlengkapan deterjen,pewangi,n masih banyak yg lain lgi. mohon informasinya buat kota padang.

  118. jhony says:

    owya..,mohon kasih informasi ke email saya. terima kasih sebelum saya ucapkan.
    yuhen_dra.rahmat@yahoo.com

  119. vidiana says:

    sya ingin sekali tuk usaha laundry kiloan,tp kurang modal.. jika ada yg berminat tuk bekerjasama,sya bersedia jd mitra agen tuk d daerah subang-jabar. karna d subang potensinya bgs n belum bnyk saingan. tolong hub sya di email vily_grild@yahoo.com . terima kasih.

  120. fitriya asmawati says:

    saya uda buka londry 3tahunan,and sekarang dah banyak saingannya,gimana ya cara menyiasatinya…kayaknya promosi dah ga bisa deh soalnya 1 lingkungan.gmn nihc…

  121. danny saputra says:

    mas, saya sedang melakukan study kasus analis sistem Laundri, mohon bantuannya lebih lanjut. Trims

  122. Lionel says:

    bagus sekali ulasannya.
    minta ijin memuat artikelnya di blog saya.
    terima kasih

  123. Roy says:

    thank’s ya panduan nya…

    mantap…

    smoga sukses slalu….

  124. meyning says:

    terimakasih artikelnya sangat membantu saya, mohon info untuk distributor parfum laundry di banjar masin ada gak ya pak??

  125. kami menawarkan produk kami mulai mesin pengering,pewangi,dan deterjen.kami dari RAJALAUNDRY surabaya.silahkan kunjungi kami di website kami

  126. luar biasa pemaparannya..sungguh sangat bermanfaat bagi kami yang akan menjalankan usaha loundry kiloan..teerima kasih semua pemaparan yg berguna ini..

  127. sayakhamid says:

    Sangat setuju Gan,
    Tips Anda sangat menarik dan mohon ijin tulisan Anda saya sadur dan saya teruskan pada calon penggemar dan pengusaha Laundry di Indonesia, melalui:http://www.sayakhamid.babelred.com
    atau buka google tulis: “laundry di Lampung”

    wassalam
    SUKSES..!!

  128. Pak yose, siiip Pak,
    jangan kaget Pak, blog “info dari desa” selalu sehati dengan Blog Bapak,SUKSESSS terusss!!

  129. senni says:

    saya mau buka laundry tapi saya tidak memiliki mesin cuci dan pengering, karna kalau beli jika rusak harus jual dan beli baru atau di perbaiki,, yang saya mau ada mitra bisnis, atau supplier mesin cuci yang mau bekerja sama, yang mau menyediakan mesin cuci untuk bisnis saya ini dan jika rusak dy yang bertanggung jawab penuh,,
    jd saya tidak perl memperbaikinya atau harus menjual nya kemudian memebeli yang baru,,
    kira2 apakah ada suplier mesin cuci, dan lokasi daerah bandung nya dmn,,??
    thx,,
    klo ada hub alamat email saya,,!!!
    sennianjarsari@yahoo.com

  130. Parsaoran sitindaon says:

    aku mau usaha loundry dengan modal 10 jt apa cukup dan tolong berikan aku perincian soal mesin dan harganya yang akan saya pergunakan……..

  131. Kitx says:

    Terimakasih sekali yang membuat web ini sangat sangat membantu bisnis saya yang baru saja akan buka

  132. rohanna sihombing says:

    Makasih banyak ya buat info nya.. Bagus banget

  133. Dina ika trisnawati says:

    Wah buat pemula seperti saya situs ini sangat membantu saya…..tq brother…..

  134. kartakusuma says:

    Pak, gimana cara membersihkan Jas dan kebaya bila kita tak punya mesin dry cleaning? Tolong Pak, maupun siapa aja yang mengetahui agar di kirim ke Email saya kartakusuma35@yahoo.co.id

  135. Thanks for the good writeup. It in reality was once a leisure account it. Glance advanced to more delivered agreeable from you! However, how could we keep up a correspondence?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: