Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

Jasa Pesan Antar Makanan

GAMBARAN UMUM USAHA

JASA PESAN ANTAR MAKANAN

LATAR BELAKANG PEMILIHAN USAHA JASA PESAN ANTAR MAKANAN

1. Tuntutan kesibukan yang begitu padat, banyak orang yang tidak sempat untuk beranjak dari tempat kerjanya untuk membeli makanan, padahal urusan ‘perut’ sudah tidak mau berkompromi lagi.

2. Di kota-kota yang jalanan begitu padat dan cuaca yang begitu panas, orang cenderung malas untuk keluar mencari makanan.

KUNCI SUKSES USAHA JASA PESAN ANTAR MAKANAN

1. Tempat yang strategis di daerah perkantoran atau pusat bisnis, perumahan, dan instansi-instansi pemerintah.

2. Pelayanan kepada pelanggan yang baik dan memuaskan.

3. Harga terjangkau.

4. Pengiriman yang selalu tepat waktu (to serve timely).

5. Makanan yang dikirimkan dapat diterima dalam kondisi yang baik dan tepat sasaran

LAYANAN ATAU PAKET TAMBAHAN YANG PERLU DISEDIAKAN DALAM USAHA JASA PESAN ANTAR MAKANAN

ü Layanan pemberian ganti rugi atau delivery guarantee

Layanan ini tidak harus memberikan ganti rugi berupa uang, tetapi bisa dalam bentuk voucher gratis untuk satu kali pengiriman, jika makanan yang dikirimkan tidak sampai pada tempat tujuan secara tepat waktu.

ü Free Magazine

Disediakan layanan pemberian majalah secara gratis kepada pelanggan, yang berisi database restoran atau rumah makan yang telah bekerjasama, beserta menu yang disediakan dan harganya.

USAHA JASA PESAN ANTAR MAKANAN

Yang menjadikan jasa pesan antar makanan ini spesial ialah penampilan kurir yang rapi dan sopan, tepat waktu, serta terjamin keamanan dan kebersihannya. Kerjasama dilakukan dengan restoran-restoran, rumah makan atau kedai makan yang telah terjamin dari segi kualitas dan kebersihannya. Peralatan-peralatan standar paket usaha jasa kurir kantor (sistem member) yang harus disediakan adalah sebagai berikut ;

1. Boks untuk diletakkan di atas motor (1 unit)

2. Seragam karyawan (maksimum ½ lusin)

3. Barang cetakan berupa tanda terima / nota (1 rim)

4. Stand banner (1 unit)

5. Perlengkapan awal promosi (brosur, kartu nama, dan sejenisnya)

LOKASI & RUANG

1. Letak Lokasi

Berada di daerah perkantoran atau pusat bisnis, perumahan, dan instansi-instansi pemerintah.

2. Standar Kebutuhan Ruang

Luas ruang minimum : (lebar) 3 m x (panjang) 4 m Note: Ukuran panjang dan lebar dapat sebaliknya.

3. Asumsi kebutuhan ruang:

– Ruang tunggu kurir

Ruang administrasi

LINGKUP KERJA

Lingkup kerja meliputi :

1. Survey :

Pemetaan pasar

Persaingan

Potensi

2. Sistem :

Pembukuan sederhana

Siklus kerja

SOP (Prosedur Standar Operasi)

3. Pelatihan :

Pelatihan karyawan / Buku panduan pelatihan

Pengendalian system

Pemasaran

Pengamanan & pengendalian usaha

PEDOMAN PELAKSANAAN PEKERJAAN

JASA PESAN ANTAR MAKANAN

LANGKAH DASAR

Penyusunan tim kerja

Pimpinan proyek

Disain interior

Disain graphis

Sistem dan keuangan

Lapangan / pembelanjaan

SDM

Pemasaran

Penyusunan time schedule masing-masing bagian

a. Time schedule perencanaan I

Gambar layout termasuk pengukuran

Gambar disain interior

Daftar barang belanjaan yang harus dibeli

Note: Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

b. Time schedule perencanaan II

Penentuan nama & tagline usaha

Gambar disain neonbox / billboard

Gambar disain stand banner

Gambar disain spanduk atau alat promosi lain

Rancangan seragam dan perlengkapannya

Gambar lain yang diperlukan

Note: Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

c. Time schedule untuk tempat dan barang

Batas waktu renovasi tempat

Batas waktu pengadaan peralatan dan perlengkapan

d. Time schedule pelaksanaan

Eksekusi layout dan disain interior yang telah disetujui

Eksekusi disain graphis yang telah disetujui

Pembelian dan penyerahan barang

Rekruitmen pegawai

Tes lapangan peralatan dan kesiapan kerja

Pelatihan karyawan

SOP keseluruhan

Pra promosi

Soft opening

Promosi

Grand opening

Pengawasan

Penyusunan Anggaran (Budgeting)

Anggaran yang ditetapkan meliputi :

Anggaran pemesanan disain

Anggaran transportasi dan akomodasi

Anggaran pembelian barang

Note: Harus dibuat jadwal pengeluaran dananya sesuai tanggal yang direncanakan

RINCIAN TUGAS

1. BAGIAN DISAIN INTERIOR

a. Gambar layout

Menentukan alur konsumen, mulai dari masuk hingga selesai

Menentukan posisi ruang tunggu kurir

Menentukan posisi ruang kasir (meja admin)

Menentukan posisi perlengkapan pendukung (Telp, Radio tape, atau TV)

Menentukan posisi tempat penyimpanan peralatan dan perlengkapan

Menentukan instalasi sesuai standar efisiensi dan kerapihan yang meliputi :

a. Tata lampu

b. Kelistrikan

Note : Dalam menentukan layout harus dipikirkan benar terhadap efisiensi proses kerja, proses gerak.

b. Gambar disain interior

Menentukan ukuran-ukuran secara pasti peralatan dan perlengkapan yang akan dibuat serta model yang akan diciptakan meja kasir, etalase atau rak untuk menyimpan arsip atau database pelanggan dan database pihak rumah makan yang bekerjasama).

Menentukan warna cat ruangan dalam dan luar

2. BAGIAN DISAIN GRAPHIS

a. Gambar disain graphis

Menentukan nama usaha serta taglinenya dengan persetujuan pimpinan

Menentukan disain logo usaha

Menentukan disain standbanner dan alat promosi internal pendukung

Menentukan disain billboard / neonsign

Menentukan disain seragam dan perlengkapannya

b. Desain kebutuhan administrasi

Nota penerimaan pembayaran sekaligus sebagai nota pengiriman

Petty cash reconciliation

Catatan penerimaan kas harian

3. BAGIAN SISTEM DAN KEUANGAN

Menentukan prosedur penerimaan konsumen

Menentukan prosedur pelaksanaan kerja

Menentukan prosedur penerimaan pembayaran

Menentukan prosedur komplain konsumen

Menentukan prosedur jadwal dan siklus kerja karyawan

Menentukan prosedur keuangan dan pengamanannya

4. BAGIAN PEMBELIAN DAN LAPANGAN

Menentukan barang-barang yang menjadi kewajiban perusahaan

Menentukan anggaran pembelian barang

Melakukan pembelian barang-barang

Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer interior

Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer graphis

Melakukan pengawasan instalasi tempat sesuai disain, baik interior ataupun graphis.

5. BAGIAN SDM

Melakukan rekruitmen pegawai yang diperlukan

Melakukan seleksi pegawai

Melakukan pelatihan pemahaman usaha

Melakukan pelatihan teknis pekerjaan secara keseluruhan

Melakukan pelatihan mental & customer satisfaction

Melakukan kontrol terhadap perkembangan SDM

6. BAGIAN PEMASARAN

Menentukan strategi pemasaran pra operasi

Menentukan strategi pemasaran operasi

Menentukan strategi pemasaran pasca operasi

7. PIMPINAN PROYEK

Mengawasi secara keseluruhan proses pelaksanaan pekerjaan

Mempertanggungjawabkan hasil kerja kepada perusahaan

Mempertanggungjawabkan kinerja keuangan proyek kepada perusahaan

Mengeksekusi komplain tim proyek

DAFTAR BARANG YANG DIPERLUKAN

Daftar barang yang diperlukan perlu ditentukan sesuai kebutuhan, yang ditetapkan oleh pimpinan proyek.

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP)

JASA PESAN ANTAR MAKANAN

KETENTUAN KARYAWAN

1. Bagian administrasi (kasir)

2. Kurir

SISTEM KERJA

Dilakukan shift kerja (jika ada) dan rolling tugas agar lebih terkendali dan terkontrol. Jika sistem kerja ditentukan menjadi sistem shift (misal: dua shift), maka perlu diadakan minimal 1 jam untuk dua karyawan tersebut untuk bertemu secara bersamaan, untuk serah terima pekerjaan.

PROSEDUR PENANGANAN PELANGGAN

TAHAP I Penerimaan Pelanggan Dilakukan oleh administrasi (kasir)

1. Konsumen yang menelepon diterima dengan ramah oleh bagian administrasi (kasir).

2. Setelah menerima order dari konsumen, bagian administrasi (kasir) kemudian menelpon rumah makan tertentu (yang telah ditunjuk oleh konsumen) untuk memesan makanan yang dipesan oleh ke konsumen.

3. Kemudian memerintahkan kurir untuk segera menjemput makanan di rumah makan yang ditunjuk oleh konsumen dan mengantarkannya ke konsumen.

4. Kasir menetapkan harga jasa kurir dan notanya dititipkan kepada kurir untuk sekalian dibayarkan pada saat kurir mengantar makanan tersebut.

TAHAP II Proses Penjemputan dan Pengantaran Dilakukan oleh kurir

1. Kurir datang ke rumah makan atau kedai yang telah ditunjuk oleh konsumen.

2. Kurir kemudian mengecek apakah makanan yang telah disiapkan oleh kedai tersebut telah sesuai dengan yang dipesan oleh konsumen.

3. Setelah sesuai, kurir memasukkan makanan tersebut dalam boks motor secara hati-hati dan usahakan kemasannya tetap rapi atau tidak tumpah.

4. Kurir kemudian segera membayar harga makanan tersebut kepada pemilik rumah makan atau kedai (menyesuaikan bentuk kerjasama yang telah ditetapkan).

5. Setelah itu kurir segera berangkat mengantarkan makanan ketempat yang dituju tanpa singgah ke tempat lainnya.

6. Pada saat penerimaan barang di tempat yang dituju, kurir wajib meminta tanda tangan dan pembayaran dari penerima makanan.

7. Setelah semuanya selesai, kurir segera melaporkan diri kepada administrasi/kasir untuk menyetorkan uang jasa pengantaran yang diterima dari pemilik kedai/rumah makan.

TAHAP III Administrasi Dilakukan oleh bagian administrasi (kasir)

1. Seluruh nota-nota penjemputan maupun pengantaran barang diarsip oleh administrasi atau kasir.

2. Nota-nota tersebut akan menjadi bahan laporan pada akhir bulan.

3. Jika ada konsumen yang menerapkan sistem bayar mundur, maka administrasi atau kasir wajib melakukan penagihan sesuai waktu yang telah disepakati bersama.

PROSEDUR KOMPLAIN PELANGGAN

Komplain diterima oleh supervisor atau jika supervisor tidak ada diterima oleh pramuniaga. Ditanggungjawabi oleh semua bagian yang terkait

1. Komplain servis tidak memuaskan langsung direspon dan dikerjakan pada bagian yang dikomplain dengan sungguh-sungguh, tanpa alasan apapun dan langsung dikerjakan.

2. Komplain pengembalian uang pembayaran kurang, segera ditanggapi tanpa alasan apapun dan langsung dicross-check dengan pembukuan.

11 Responses

  1. mario says:

    wah, ini salah satu ide bisnis yang unik pak, di tempat saya tinggal ( batam ) belum ada yang seperti ini. Padahal di sini juga banyak perkantoran yang mana pegawainya sibuk ngurusin kerjaan mereka. Tapi satu pertanyaan saya, apakah hasil dari jasa ini bisa menutupi biaya operasional, ex:BBM, Honor, dll , ( maklum saya baru amatiran dalam wirausaha ) kalau biaya kirim di samakan dengan delivery service dari Pizza Hut, KFC yang cuma kena Rp 2,000,- dan warung padang yang bahkan tidak memungut biaya kirim? terimakasih atas jawaban dan idenya , Salam Sukses!

  2. yosemind says:

    Memang biasanya bisnis ini bisa dijalankan di satu area wilayah yang homogen dan tidak terlalu besar, contohnya di Jatinangor yang merupakan kawasan pendidikan dengan banyak rumah kost. Disana ada usaha pesan antar makanan yang berkembang pesat. Pemasukan berasal dari membership anggota dan biaya pengiriman yang dibedakan berdasarkan jumlah menu.

  3. Andy says:

    Pak Yoserizal, sistem kirim yang bolak-balik seperti ini pernah dilakukan oleh Kozmo, perusahaan delivery di Amerika tapi akhirnya bangkrut karena tidak bisa menutupi operation costnya. Banyak analis yang menyarankan agar pesanan dikumpulkan dulu baru dikirim sekali jalan. Bagaimana pendapat Bapak? Terima kasih infonya

    • yosemind says:

      Memang pada tahap awal pasti berat, tapi lama kelamaan ketika sudah banyak yang memakai jasa kita, efisiensi akan lebih tinggi. Penentuan geografis yang tidak terlalu besar juga bisa membantu

  4. dika says:

    mantabs, cocok dgn usaha saya, tanks

  5. Ranto says:

    bagaimana metode pembayaran dari konsument ke pemilik jasa antaran ? apakah pada saat konsumen order kita langsung pesan dan menggunakan uang kita untuk bayar makanan atau ambil uangnya dulu baru ambil makanannya ?

  6. fazil says:

    pak gmn klu seandai-a konsumen menipu.msl-a dah ditelpon kmdian ktika kita antar mknan dia mengaku tdk memesan.otomatis rugi kita.makasi

  7. hidayat says:

    4. Kurir kemudian segera membayar harga makanan tersebut kepada pemilik rumah makan atau kedai (menyesuaikan bentuk kerjasama yang telah ditetapkan). Boleh di informasikan sample kerjasamanya tersebut diatas ? thanks in advance

  8. Robert says:

    Ngomong2 untuk wilayah JKT Utara ( Tg. Priok / Sunter / Gading dsk. ) sudah ada belum Jasa Pesan Antar seperti ini ? kalau sudah bisa menghubungi saya karena selama ini Usaha Catering ( Lunchbox ) ke clients masih sering terkendala akibat kurangnya tenaga delivery kami.
    Trims

  9. hidayat says:

    Dear Pak robert, mgkn bapak bisa menghubungi admin@orderanku.com utk lebih lanjut atau 087882801831 trims

  10. Koko Sandoza FP says:

    Layanan seperti ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu..namanya Foodtaxi, nomer callcenternya 500165..itu malah konsepnya bisa pesen apa aja, dari mana aja dan di anter kemana aja..misalnya pesen gudeg dr jogja atau bolu meranti dr medan, dll

    Untuk anter makanan dari catering juga bisa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: