Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

Jam Tangan Fashion

LATAR BELAKANG PEMILIHAN USAHA JAM TANGAN FASHION

1. Perubahan gaya hidup dimana fungsi jam tangan tidak hanya sebagai penunjuk waktu, tetapi sudah menjadi pemanis’ penampilan seseorang.

2. Perubahan mode yang begitu pesat di bidang fashion, dimana para remaja bahkan orang dewasa ingin selalu tampil modis dan selalu up to date dalam mengikuti trend mode yang sedang booming.

KUNCI SUKSES USAHA JAM TANGAN FASHION

1. Tempat yang strategis di daerah kampus, sekolah, dan pusat hiburan atau pusat perbelanjaan.

2. Tempat yang nyaman dalam berbelanja atau memilih jam tangan fashion yang di-display.

3. Pelayanan kepada pelanggan yang baik dan memuaskan

4. Tempat usaha didesain sedemikian rupa, unik, dan menarik pelanggan untuk  singgah bahkan sampai membeli.

5. Harga terjangkau

6. Terdapat berbagai program diskon untuk event-event tertentu, misal: kenaikan kelas, lebaran, natal, tahun baru, dan event khusus lainnya.

LAYANAN TAMBAHAN YANG PERLU DISEDIAKAN DALAM USAHA JAM TANGAN FASHION

1. Layanan pembungkusan kado

2. Layanan ganti batere jam

3. Layanan pengecilan atau pembesaran ukuran lingkar jam.

PAKET USAHA JAM TANGAN FASHION

Yang menjadikan jam fashion ini menjadi special ialah harga jam tangan yang murah dengan kualitas baik, jam tangan tersebut cocok untuk segala usia, display yang menarik calon konsumen(jam tidak hanya di tata  di dalam etalase, tetapi juga di display secara digantung satu per satu) dan lokasi usaha yang mudah dijangkau konsumen. Toko jam tangan fashion ini dapat kita bedakan dengan toko lainnya, karena memiliki penampilan yang berbeda dengan toko lainnya serta memberikan kemudahan transaksi bagi calon konsumen.

Peralatan-peralatan standar usaha jam tangan fashion adalah sebagai berikut :

1. Beberapa barang untuk awal pembukaan

2. 250 pcs produk jam

3. 4 pcs Seragam untuk karyawan

4. 6 pcs Pin untuk karyawan

5. 1 bh Banner

6. 3 bh Spanduk

7. Brosur

LOKASI & RUANG

1. Letak Lokasi

Berada di dekat tempat pemukiman penduduk, seperti didepan komplek perumahan, atau berada dipinggir jalan utama, lingkungan kampus atau sekolah, dan dekat komunitas anak-anak muda.

2. Standar Kebutuhan Ruang

Luas ruang minimum : (lebar) 3.5 m x (panjang) 4 m

Note: Ukuran panjang dan lebar dapat sebaliknya.

3. Asumsi kebutuhan ruang:

– Ruang display

– Ruang administrasi (kasir)

– Ruang duduk konsumen

LINGKUP KERJA

Lingkup kerja meliputi :

1. Survey :

– Pemetaan pasar

– Persaingan

– Potensi

2. Sistem :

– Pembukuan sederhana

– Siklus kerja

– SOP (Prosedur Standar Operasi)

3. Pelatihan :

– Pelatihan karyawan / Buku panduan pelatihan

– Pengendalian sistem

– Pemasaran

– Pengamanan & pengendalian usaha

PEDOMAN PELAKSANAAN PEKERJAAN PROYEK

JAM TANGAN FASHION

LANGKAH DASAR

Penyusunan tim kerja

– Pimpinan proyek

– Disain interior

– Disain graphis

– Sistem dan keuangan

– Lapangan / pembelanjaan

– SDM

– Pemasaran

Penyusunan time schedule masing-masing bagian

a. Time schedule perencanaan I

– Gambar layout termasuk pengukuran

– Gambar disain interior

– Daftar barang belanjaan yang harus dibeli

Note: Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

b. Time schedule perencanaan II

– Penentuan nama & tagline usaha

– Gambar disain neonbox / billboard

– Gambar disain stand banner

– Gambar disain spanduk atau alat promosi lain

– Rancangan seragam dan perlengkapannya

– Gambar lain yang diperlukan

Note: Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

c. Time schedule pengadaan dan renovasi

– Batas waktu renovasi tempat

– Batas waktu pengadaan peralatan dan perlengkapan

d. Time schedule pelaksanaan

– Eksekusi layout dan disain interior yang telah disetujui

– Eksekusi disain graphis yang telah disetujui

– Pembelian dan penyerahan barang sesuai kontrak

– Rekruitmen pegawai

– Tes lapangan peralatan dan kesiapan kerja

– Pelatihan karyawan

– SOP keseluruhan

– Pra promosi

– Soft opening

– Promosi

– Grand opening

– Pengawasan dan pendampingan

Penyusunan Anggaran (Budgeting)

Anggaran yang ditetapkan meliputi :

– Anggaran pemesanan disain

– Anggaran transportasi dan akomodasi

– Anggaran pembelian barang

Note:

Harus dibuat jadwal pengeluaran dananya sesuai tanggal yang direncanakan

RINCIAN TUGAS

1. BAGIAN DISAIN INTERIOR

a. Gambar layout

– Menentukan alur konsumen, mulai dari masuk hingga selesai

– Menentukan posisi customer space

– Menentukan posisi ruang display

– Menentukan posisi kasir (meja admin)

– Menentukan posisi etalase

– Menentukan posisi perlengkapan pendukung (Radio tape)

a. Tata lampu

b. Kelistrikan

Note :

Dalam menentukan layout harus dipikirkan benar terhadap efisiensi proses kerja, proses gerak, maksimalisasi ruangan, kenyamanan konsumen dalam memilih produk yang didisplay

b. Gambar disain interior

– Menentukan ukuran-ukuran secara pasti peralatan dan perlengkapan yang akan dibuat serta model yang akan diciptakan (meja kasir, etalase,ram untuk mengantung jam, acrylic-acrilic jam dan lain-lain)

– Menentukan warna cat ruangan dalam dan luar

– Menentukan ornamen-ornamen ruangan yang mendukung

2. BAGIAN DISAIN GRAPHIS

a. Gambar disain graphis

– Menentukan nama usaha serta taglinenya dengan persetujuan pimpinan

– Menentukan disain logo usaha

– Menentukan disain standbanner dan alat promosi internal pendukung

– Menentukan disain billboard / neonsign

– Menentukan disain seragam dan perlengkapannya

b. Desain kebutuhan administrasi

– Nota penjualan

– Kartu stock barang

– Petty cash reconciliation

– Catatan penjualan harian

3. BAGIAN SISTEM DAN KEUANGAN

– Menentukan prosedur penerimaan konsumen

– Menentukan prosedur pelaksanaan kerja

– Menentukan prosedur penerimaan pembayaran

– Menentukan prosedur komplain konsumen

– Menentukan prosedur pembelian kembali stock barang

– Menentukan prosedur perawatan dan penyimpanan produk yang didisplay

– Menentukan prosedur jadwal dan siklus kerja karyawan

– Menentukan prosedur keuangan dan pengamanannya

4. BAGIAN PEMBELIAN DAN LAPANGAN

– Menentukan barang-barang yang akan dibeli

– Menentukan anggaran pembelian barang

– Melakukan pembelian barang-barang

– Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer interior

– Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer graphis

– Melakukan pengawasan instalasi tempat sesuai disain, baik interior ataupun graphis.

5. BAGIAN SDM

– Melakukan rekruitmen pegawai yang diperlukan

– Melakukan seleksi pegawai

– Melakukan pelatihan pemahaman usaha

– Melakukan pelatihan teknis pekerjaan secara keseluruhan

– Melakukan pelatihan mental & customer satisfaction

– Melakukan kontrol terhadap perkembangan SDM

6. BAGIAN PEMASARAN

– Menentukan strategi pemasaran pra operasi

– Menentukan strategi pemasaran operasi

– Menentukan strategi pemasaran pasca

7. PIMPINAN PROYEK

– Mengawasi secara keseluruhan proses pelaksanaan pekerjaan

– Mempertanggungjawabkan hasil kerja kepada perusahaan

– Mempertanggungjawabkan kinerja keuangan proyek kepada perusahaan

– Mengeksekusi komplain tim proyek

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP)

JAM TANGAN FASHION

KETENTUAN KARYAWAN

1. Pramuniaga

2. Supervisor (jika diperlukan, dalam kasus  ini untuk pembukaan outlet jam tangan fashion yang lebih dari satu dalam satu daerah domisili)

SISTEM KERJA

Dilakukan shift kerja (jika ada) dan rolling tugas agar lebih terkendali dan terkontrol Jika sistem kerja ditentukan menjadi sistem shift (misal: dua shift), maka perlu diadakan minimal 1 jam untuk dua karyawan tersebut untuk bertemu secara bersamaan, untuk serah terima pekerjaan.

PROSEDUR PENANGANAN PELANGGAN

TAHAP I

Penerimaan Pelanggan

Dilakukan oleh pramuniaga merangkap kasir

1. Pelanggan diterima oleh pramuniaga dengan ramah.

2. Pelanggan dipersilahkan untuk memilih produk yang tersedia.

3. Menjawab dengan sopan dan memberikan informasi tentang produk jika ditanya oleh konsumen.

4. Jika konsumen berminat terhadap produk yang didisplay, pramuniaga wajib membantu mengambilkannya.

5. Setelah produk yang ingin dibeli sudah ditentukan oleh konsumen, bagian penerimaan pelanggan membuatkan nota.

6. Nota diserahkan kepada konsumen, dan konsumen dipersilahkan untuk membayar di kasir.

TAHAP II

Penerimaan Pembayaran

Dilakukan oleh pramuniaga merangkap  kasir

1. Kasir menerima nota yang dibawa oleh konsumen dengan ramah.

2. Kemudian pramuniaga menerima pembayaran dari konsumen.

3. Menghitung ulang total pembayaran yang harus dibayar oleh konsumen secara cepat dan tepat.

4. Membubuhkan stempel ‘LUNAS’ pada nota rangkap ke-1.

5. Memberikan uang kembalian (jika ada) dan nota rangkap ke-1 kepada konsumen.

6. Kasir memastikan bahwa transaksi pembayaran sudah sah dan tidak berpotensi menimbulkan masalah dikemudian hari.

TAHAP III

Packing dan Penyerahan Barang

Dilakukan oleh pramuniaga merangkap kasir

1. Mengecek ulang jenis dan jumlah barang yang akan di-packing dengan nota rangkap ke-2.

2. Setelah sesuai, barang dapat di-packing.

3. Menyerahkannya kepada konsumen dengan mengucapkan ‘terima kasih’.

4. Mengarsip nota rangkap ke-2 di tempat yang telah disediakan.

PROSEDUR KOMPLAIN PELANGGAN

Komplain diterima oleh supervisor atau jika supervisor tidak ada diterima oleh pramuniaga.

1. Komplain pengembalian uang pembayaran kurang, segera ditanggapi tanpa alasan apapun dan langsung dicross-check dengan pembukuan. Oleh karena itu sebelum pelanggan pergi, sebaiknya pramuniaga tidak memasukkan uang pembayaran dari konsumen ke laci atau ke tempat penyimpanan uang. Dan waktu menyerahkan uang kembalian, pramuniaga harus memastikan kepada konsumen bahwa uang kembalian yang diserahkan sudah sesuai. Untuk meminimalisir komplain pengembalian uang pembayaran yang kurang, sebaiknya di dekat meja kasir ditempel tulisan yang berbunyi “Sebelum Meninggalkan Tempat, Harap Periksa Uang Kembalian Anda, Terima Kasih”.

2. Komplain kualitas barang buruk, harus dipastikan bahwa kerusakan barang diakibatkan oleh apa. Jika keruakan barang dari pabrik, dapat diganti, namun jika kerusakan barang akibat kesalahan konsumen (misalnya sobek karena tersangkut atau kotor karena jatuh) maka barang tersebut tidak dapat diganti. Supervisor atau yang mewakilinya harus memberikan penjelasan yang masuk akal kepada konsumen. Untuk meminimalisir komplain mengenai kerusakan barang atau ketidaksesuaian, sebaiknya di dekat meja kasir ditempel tulisan yang berbunyi “Sebelum Meninggalkan Tempat, Harap Periksa Barang Yang Anda Beli, Terima Kasih”.

3. Dalam menangani komplain, diusahakan win-win solution, menghindari kesalahpahaman dengan konsumen dan senantiasa memperhatikan prinsip customer satisfaction.

PROSEDUR PEMBELIAN KEMBALI STOCK BARANG

Penetapan & Penghitungan

1. Setiap pengeluaran persediaan barang dagangan akibat dari penjualan konsumen harus dicatat dalam kartu stok agar pengeluaran terkontrol.

2. Wajib melakukan pemesanan atau pembelian persediaan barang dagangan jika stok persediaan barang dagangan sudah pada kondisi sisa maksimum 30%, minimum 20%.

3. Untuk menjamin kualitas dan stabilitas harga produk, jam tangan fashion hanya dapat dibeli dari supplier yang ditunjuk

2 Responses

  1. karlo says:

    Bagaimana saya bisa mulai usaha, thx

  2. misdawati says:

    Terima kasih infonya bagus sekali.

    Aku ingin bertanya…..
    Apakah ada usaha kecil yang dapat dilakukan anak yang masih bersekolah di sekolah menengah atas.
    tetapi tidak menyita waktu belajar nya.

    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: