Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

BAB V Karakteristik Bisnis

Bagian ini menjelaskan tentang karakteristik bisnis yang kita jalani. Bukan hanya tentang perusahaan kita saja, tapi juga tentang lingkungan bisnis yang lebih luas, pesaing kita dan pola pembelian.

5.1        Analisa Pelayanan Bisnis

Jelaskan tentang tipe industry yang kita jalani. Perhatikan ukuran dan konsentrasi bisnisnya, bagaimana transaksi terjadi dan pesaing kita.

Contoh :

Statistik menunjukkan bahwa perusahaan yang bergerak di bidang rental mobil di kota B mencapai 235 perusahaan. Statistik juga menunjukkan bahwa mayoritas kendaraan yang disewakan adalah jenis MPV, dengan rata-rata biaya sewa R. 300.000,- per hari. Sumber pemasukan berasal dari pemakaian :

  • Tamu Liburan : 24%
  • Tamu Bisnis : 21,5%
  • Hotel/Resort : 20%
  • Pernikahan :15%
  • Airport :10%
  • Pemakaman :5%
  • Lain-lain :5,5%

Tingkat pemakaian rata-rata setiap kendaraan setiap bulan adalah Rp. 4.000,000,-. Pesaing utama adalah perusahaan rental mobil A, B dan C.

5.2 Pelaku Bisnis

Jelaskan tentang pembagian kelas dalam bisnis ini. Jelaskan strukturnya secara umum.

Contoh

Kategori dalam infrastruktur telekomunikasi adalah :

•1. Operator

•2. Tower Investment

•3. Main Contractor (PT. A)

•4. Sub Contractor

5.3       Jalur Distribusi

Bagian ini umumnya hanya berlaku untuk barang produksi, tidak untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan.

Contoh (Produk Otomatif) :

•1. Prinsipal (Importir)

•2. Distributor Tunggal

•3. Distributor Wilayah

•4. Agen (Bengkel dan Salon Mobil)

5.4       Kompetisi dan Pola Pembelian

Jelaskan tentang pola persaingan pada industry ini dan faktor apa yang menentukan pilihan konsumen. Ada beberapa faktor yang biasanya menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk dan jasa, yaitu harga, reputasi, merek, differensiasi dll.

Contoh (Penitipan Anak):

Ada sekitar 15 tempat penitipan anak di kota B, dan pangsa pasar terbesar dipegang oleh jaringan tempat penitipan anak (TPA) internasional. Mereka dipercaya para rang tua karena memiliki reputasi yang sangat baik. TPA Z menawarkan rasio staf anak yang lebih sedkit, dimana setiap 6 anak akan diasuh oleh 1 staf. Harga yang kami tawarkan pun lebih murah 10% dibandingkan dengan TPA internasional tersebut.

5.5       Kompetitor Utama

Gunakan bagian ini untuk menjelaskan tiga atau empat pesaing utama berikut kekuatan dan kelemahannya. Pertimbangkan penawaran produk dan jasa, harga, reputasi, manajemen, keuangan, brand awareness, perkembangan usaha, teknologi, atau faktor lainnya yang kita rasa penting.

Contoh (Penghemat BBM):

•1. Electro Magnetic

Strengths : Produk dalam negeri, tidak perlu import, Investasi 1 kali, Tingkat penghematan tinggi, Memperbaiki kinerja mesin, Meningkatkan tenaga mesin

Weakness : Instalasi sulit, harga lebih mahal, sertifikasi kurang

•2. Magnet

Strengths : Murah, Instalasi mudah, Tingkat kerusakan kecil, tingkat penghematan sedang, Investasi 1 kali

Weakness : Kompetitor sangat banyak, teknologi rendah, tidak efektif untuk mesin besar

•3. Pil

Strenghts : Investasi awal kecil, sertifikasi luar negeri, Tingkat penghematan tinggi, Meningkatkan tenaga mesin

Weakness : Pembelian harus kontinu, potensi residu atau ampas,

5.6       Nilai Tambah

Berisi mengenai nilai tambah yang ditawarkan kepada konsumen, selain daripada benefit utama yang diharapkan oleh konsumen.

Contoh (Nanokote – Auto Glass) :

Benefit utama adalah keselamatan, yaitu meningkatkan penglihatan sebesar 38% pada waktu hujan.

Nilai Tambah lainnya adalah :

  • Menolak air, debu, oli dan serangga
  • Mengurangi biaya pemeliharaan dan penggunaan air
  • Ramah lingkungan
  • Melindungi dari korosi kaca
  • Melindungi dari hujan asam
  • Melindungi dari bahan kimia
  • Memperpanjang usia wiper
  • Melindungi dari jamur
  • Melindungi dari goresan

5.7       Kesimpulan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: