Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

Tagline Promosi

Konten promo sangat menentukan efektivitas promo yang dilakukan. Penyampaian pesan harus dilakukan secara jelas dan fokus. Penentuan tagline yang akan menjadi jargon promo juga harus dilakukan secara tepat sehingga promosi yang dilakukan terarah dan pada akhirnya akan menghasilkan transaksi. Penentuan tagline ini dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti survey, kuesioner, komparasi kompetitor dll. Artikel ini mengambil contoh studi promosi salah satu tempat cuci mobil otomatis di kota Bandung.

Dari hasil survei kuesioner yang dilakukan menunjukkan harapan (kepuasan) pelangan tempat cuci mobil tersebut adalah keunggulannya dalam kecepatan proses pencucian/hemat waktu dibanding pesaing lain yang masih menggunakan metode cuci manual, dan jarak lokasi yang mudah dijangkau. Sedangkan nilai yang masih perlu ditingkatkan lagi adalah mengenai tingkat kebersihan/ketelitian dan kualitas layanan.

Berdasarkan informasi tersebut maka diputuskan media promo akan menggunakan 2 tagline yaitu lebih cepat dan lebih bersih. Dengan tujuan untuk mempertahankan pelanggan lama yang sudah puas dengan kecepatan layanan dan berusaha menarik pelanggan baru yang mengutamakan tingkat kebersihan.

Kedua tagline tersebut secara konsisten terus digunakan dalam berbagai media promosi, sehingga menciptakan brand image tersebut pada pikiran konsumen. Berikut beberapa contoh media promo yang digunakan :

baligo

brosur

penunjuk-arah

spanduk

4 Responses

  1. anti says:

    saya mau tanya, Bagaimana contoh design untuk mengukur efektifitas promosi yang telah dilakukan ?

  2. Aji says:

    design menurut saya tidak bisa digunakan untuk mengukur efektifitas promosi karena design hanya berfungsi memberikan nilai tambah suatu usaha atau produk dan promosi yang akan dilakukan. Sedangkan untuk mengukur efektifitas promosi, saya lebih suka dengan caranya pak TDW atau Brad Sugar dengan test dan ukur dengan penawaran yang menarik yang dilakukan oleh pelaku usahanya itu sendiri.

    • yosemind says:

      Setuju mas… Desain memang tujuannya untuk meningkatkan awareness, bukan hard sales. ZNamun dalam jangka panjang awareness berpengaruh ke penjualan

  3. ressa says:

    salam kenal, bleh dnk share tntg tagline:)
    sya lg cari pencerahan tntg tagline yg dterjemahkan k bhsa indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: