Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

PILKADA DKI : KEMENANGAN KELAS MENENGAH YANG CONNECTED

Kelas menengah atau middle class sepertinya menjadi trending topic saat ini. Belum lengkap rasanya jika seorang ahli pemasaran tidak mengulas tentang kelas menengah. Kelompok ini menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia dan imun terhadap resesi. Kelompok inilah yang setiap hari membuat mall dan restoran cepat saji selalu penuh. Rupanya trend ini juga menular ke dunia politik. Apabila biasanya dunia perpolitikan didominasi oleh istilah akar rumput atau grass root, sejak pilkada DKI 2012, para pelaku dan pengamat politik dibuat bingung oleh kelompok yang namanya kelas menengah ini.

Ada beberapa alasan kenapa kelas menengah bisa membuat perbedaan dalam proses dan hasil pilkada DKI 2012, yaitu :

1. Selama ini proses politik dianggap dekat dengan money politics, makanya kita sering mendengar istilah serangan fajar. Para kandidat sudah terbiasa untuk menukar suara rakyat dengan besaran rupiah. Incumbent yang kurang berprestasi selama menjabat pun tidak terlalu khawatir, karena dengan satu serangan fajar rakyat akan memilih mereka tanpa peduli dengan prestasinya.  Hal ini tidak bisa dilakukan kepada kelas menengah, mereka pasti tidak mau suaranya ditukar hanya dengan sekian rupiah. Kelas menengah pasti akan tersinggung dan marah kalau pintu rumah/apartemennya diketuk hanya untuk menyampaikan amplop serangan fajar.

2. Kelas menengah punya daya pengaruh dan amplifikasi yang besar. Mereka merupakan orang-orang yang berpendidikan dan sudah terbiasa untuk mempertahankan argumennya. Mereka juga sangat mandiri dalam mencari informasi dan data, serta memiliki kebiasaan untuk menyebarluaskan data tersebut kepada lingkungan sekitarnya, terbiasa berkomunikasi melalui social media dan selalu membawa smartphone. Satu suara dari mereka tidak hanya berarti satu suara saja bagi kandidat, karena bisa mempengaruhi suara lingkungan sekitarnya. Perhatikan pola networking dari akun-akun yang menjadi pendukung salah seorang kandidat gubenur Jakarta. Tidak heran apabila sebaran informasi di social media bisa sangat luas dan cepat.

Social Network Influencer Jokowi-Ahok

Social Network Influencer Jokowi-Ahok

3. Kelas menengah connected dengan kelas bawah. Pengkotak-kotakan kelas di masyarakat yang lazim dilakukan selama ini, seperti melupakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang punya kebutuhan untuk berinteraksi. Kebutuhan berinteraksi sebagai makhluk sosial tidak bisa dibatasi oleh sekat-sekat strata. Obrolan antar segmen masyarakat lazim kita lihat dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Seperti antara sopir taxi dan penumpangnya, antara sopir dan majikannya, antara ibu-ibu di kompleks dengan tukang sayur langganannya, dan lain-lain. Pemilihan Gubernur tentunya menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan. Dan karena kemampuan kelas menengah untuk mempengaruhi, setiap hari terciptalah agen-agen perubahan di tingkat akar rumput yang dengan bersemangat akan menceritakan obrolan tersebut sampai ke pelosok kampung di Jakarta.

4. Trend komunikasi kelas menengah diadopsi juga oleh kelas di bawahnya. Smartphone bukan lagi menjadi domain kelas menengah atas saja. Jauh lebih banyak smartphone murah yang terjual daripada smartphone mahal. Demikian juga dengan social media, seiring dengan semakin murahnya biaya pulsa telekomunikasi, semakin melebar pula segmen pengguna social media. Perhatikan di sekitar dan kita bisa lihat bahwa para sopir dan pembantu rumah tangga pun sekarang sudah ber-smartphone dan memiliki akun social media.

Filed under: Bisnis, Digital/Social Media, Sosial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: