Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

Digital Marketing Planning

Saat ini pemasaran dengan memanfaatkan media digital semakin banyak dilakukan oleh brand. Media digital bukan merupakan sebuah media alternatif lagi, tapi sudah menjadi media yang potensial dan efektif untuk berkomunikasi dengan konsumen.  Sesuatu yang sulit untuk dilakukan di media konvensional, yang pola komunikasinya bersifat satu arah antara brand dan konsumen.  Melalui media digital, terutama social media,  brand dapat melakukan percakapan secara langsung dan dapat membina hubungan emosional yang lebih dalam dengan konsumen.

Untuk menentukan strategi dan aktivitas pemasaran yang sesuai di media digital, brand harus menetapkan target tujuan dan melakukan beberapa riset terlebih dahulu. Kita bisa mendapatkan berbagai insight langsung dari konsumen di media digital yang dapat menentukan arah strategi dan aktivitas pemasaran. Ada beberapa informasi yang harus di ketahui oleh brand dan bisa didapatkan berdasarkan percakapan konsumen di social media.

1.     Isi dan makna percakapan

Dengan mendengarkan percakapan konsumen kita di social media, kita bisa mengetahui apa yang mereka bicarakan tentang brand kita dan kompetitor. Kita dapat segera mengidentifikasi dan menangkap isu yang sedang terjadi. Dengan mengetahui pembicaraan konsumen, kita dapat menentukan konten komunikasi dalam strategi dan aktivitas digital marketing yang akan kita lakukan.

Kita juga dapat mengetahui pembicaraan tentang kompetitor dan mengidentifikasi topik yang menarik  maupun permasalahan yang dirasakan oleh konsumen terhadap kompetitor. Selain itu kita dapat membandingkan materi pembicaraan antara brand kita dibandingkan oleh kompetitor. Apabila pembicaraan tentang kompetitor lebih menarik dan lebih relevan, maka kita bisa mulai menginisiasi pembicaraan dengan konsumen mengenai hal tersebut. Karena pembicaraan antara brand dengan konsumen di social media akan menjadi referensi bagi konsumen lainnya.

Sebagai contoh, Brand kita adalah sebuah jaringan restoran cepat saji. Selama ini yang dibicarakan oleh konsumen tentang brand kita hanya tentang menu utama yang dijual di restoran. Sementara pembicaraan tentang kompetitor lebih bervariasi, seperti “makan siang”, “dinner” dan “nongkrong”.  Jelas bahwa restoran kompetitor “lebih dekat” dengan konsumen sehingga menjadi bagian dari percakapan sehari-hari mereka yang  berhubungan dengan aktivitas makan di luar rumah. Percakapan konsumen tersebut akan menjadi rekomendasi bagi teman-teman mereka untuk datang ke restoran kompetitor. Restoran kompetitor akan menjadi pilihan apabila mereka akan melakukan aktivitas yang terkait dengan “makan siang”, “dinner” dan “nongkrong”.

2.    Distribusi Media

Ada beberapa channel social media yang populer dan berkembang di Indonesia, seperti  Facebook, Twitter, Forum (Kaskus, femaledaily, forum detik dll), Blog dan Youtube. Para pengguna social media melakukan percakapan tentang berbagai topik, dari mulai percakapan pribadi, pekerjaan, sosial sampai politik. Dan banyak juga yang membicarakan tentang produk dan jasa yang mereka pakai, termasuk brand anda. Setiap hari brand Anda dibicarakan oleh konsumen di social media, baik berupa share pengalaman, pertanyaan, perbandingan, harapan, pujian, komplain dan keluhan.

Konsumen Anda membutuhkan respon yang cepat dan tepat di social media. Kalau di media cetak Anda bisa merespons surat pembaca dalam waktu 1×24 jam, maka di social media konsumen menuntut respon yang jauh lebih cepat, dalam hitungan jam bahkan menit. Dengan karakteristik social media seperti ini, brand harus mampu mengidentifikasi media tempat konsumen melakukan percakapan. Agar brand dapat melakukan strategi dan menempatkan aktivitas serta resource pada media yang tepat. Karena setiap jenis industri memiliki karakteristik media yang berbeda.

Walaupun Facebook dan Twitter adalah dua social media yang paling populer dan berkembang, tapi tidak semua industri percakapannya bertumpu pada kedua media tersebut, sebagai contoh :

–          Untuk industri perbankan dan keuangan, blog dan forum merupakan sumber informasi penting bagi konsumen

–          Untuk industri kosmetik, forum merupakan sumber informasi untuk mendapatkan share pengalaman akan kualitas suatu merk kosmetik

–          Untuk industri telekomunikasi, wajib untuk memonitor timeline twitter karena konsumen suka mengekspresikan kekesalannya disini.

3. Waktu Percakapan

Keunggulan social media adalah semua hal bisa ditracking. Setiap percakapan yang dilakukan di social media mengandung berbagai informasi, salah satunya adalah waktu percakapan. Anda dapat mengetahui kapan brand Anda paling sering disebutkan oleh konsumen di social media. Dengan mengetahui kebiasaan konsumen, Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk berkomunikasi dengan mereka, sehingga pesan Anda akan sampai kepada konsumen.

Kita juga dapat mengetahui behaviour konsumen melalui social media dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat komunikasi yang lebih bermakna bagi mereka. Sebagai contoh : pada saat tingkat bad mood konsumen tinggi, brand dapat mengeluarkan program promosi atau melakukan aktivasi yang dapat menghibur konsumen.

4.    Influencer Brand dan Kompetitor

Social media sudah menjadi salah satu referensi bagi konsumen dalam menentukan pilhan produk dan jasanya.  Mereka menjadikan status atau komentar temannya tentang brand Anda sebagai referensi terpercaya. Anda harus bisa mengidentifikasi influencer bagi brand Anda di social media. Influencer ini adalah orang yang sering menyebutkan brand Anda di social media dan mendapat banyak respon dari teman atau followernya. Mereka menyebutkan brand Anda karena mereka memang konsumen Anda dan membagi pengalaman mereka tentang brand Anda. Komentar mereka bisa positif maupun negatif.

Sebaiknya para influencer ini dilibatkan dalam aktivitas pemasaran digital Anda. Influencer positif dapat menjadi spoke person yang baik bagi brand Anda, karena suara mereka adalah suara konsumen asli. Sementara influencer negatif perlu dirangkul dan diselesaikan masalahnya, karena referensi negatif dari mereka dapat menyebabkan teman dan follower mereka tidak tertarik dengan brand Anda. Anda juga dapat mengidentifikasi influencer kompetitor dan menawarkan free sample produk Anda. Jika suka, mereka akan mulai menshare komentar positif tentang brand Anda kepada teman dan followernya. Jika influencer kompetitor berubah menjadi konsumen Anda, maka seluruh jaringan social medianya juga berpotensi untuk menjadi konsumen Anda.

5.    Persepsi Konsumen

Melalui social media, Anda dapat “masuk ke kepala” konsumen dan mengerti harapan, keinginan, serta permasalahan mereka. Salah satu KPI penting dari aktivitas pemasaran digital adalah meningkatan jumlah percakapan positif dan meminimalisasi percakapan negatif tentang brand Anda.  Dengan mendengarkan dan menganalisa percakapan konsumen, brand dapat mengetahui percakapan positif berserta topik dan atributnya. Demikian juga sebaliknya, brand juga dapat mengetahui percakapan negatif beserta topik dan atributnya.

Brand juga dapat mengetahui apakah positioning dan komunikasi yang selama ini dilakukan sudah sesuai dengan yang ada di benak konsumen. Dengan mengetahui apa yang ada dibenak konsumen, brand dapat merencanakan strategi dan aktivitas pemasaran yang sesuai dan tepat sasaran.

Dengan menetapkan target tujuan serta memiliki informasi yang bersumber langsung dari konsumen, Anda dapat membuat perencanaan strategi dan aktivitas pemasaran digital yang baik dan tepat sasaran.  Anda dapat berkomunikasi dengan konsumen, karena Anda sudah memahami isi kepala mereka. Di era kompetisi yang semakin ketat, Brand yang mampu memahami konsumen akan memenangkan hati konsumen dan pada akhirnya akan memenangkan persaingan.

Filed under: Bisnis, Digital/Social Media, , , , , , ,

One Response

  1. astho says:

    harus serius urusin media digital, kalau tidak malah bisa membuat citra buruk…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: