Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

UKM Goes To Social Media

Kita sudah sering mendengar tentang promosi dan penjualan yang dilakukan oleh beberapa brand besar di social media. Di luar negeri kita sering mendengar cerita sukses Coca Cola, Dell, Starbucks dan beberapa perusahaan besar lainnya dalam meningkatkan brand awareness mereka bahkan penjualan mereka melalui social media. Di dalam negeri sudah banyak brand-brand yang berhasil memanfaatkan social media sebagai sarana komunikasi dengan konsumen, bahkan tidak jarang sebagai media penjualan juga. Banyak brand seperti Surfer Girl, Blackberry, Pocari Sweat, Lip Ice sudah merasakan betapa social media mampu dalam meningkatkan penjualan produk mereka kepada konsumen.

 

Kalau social media bisa berhasil buat brand besar, seharusnya social media juga mampu membantu UKM dalam mempromosikan dan memasarkan produknya. Apalagi banyak UKM di Indonesia yang tidak memiliki budget besar untuk melakukan promosi dan melebarkan jalur distribusinya kepada konsumen. Seharusnya social media dapat menjadi medium bagi UKM, karena biayanya murah tetapi memiliki jangkauan pemasaran yang sangat luas. Apalagi saat ini metoda pemasaran word of mouth yang merupakan metoda pemasaran yang paling dipercaya oleh konsumen dapat dengan mudah dijalankan melalui social media.

Berbekal keyakinan itulah, saya dan teman-teman di MediaWave memutuskan untuk mulai membantu teman-teman UKM untuk melakukan promosi, pemasaran dan penjualan melalui social media. Dalam artikel ini saya ingin sharing tentang pengalaman kami membantu produk keripik singkong pedas dengan merk Keripik Karuhun. Kami mulai melakukan social media marketing Keripik Karuhun sejak bulan Agustus 2011. Belum terlalu lama memang, tapi rasanya sudah ada beberapa hal yang kita bisa sharingkan. Hal ini membuktikan bahwa social media memiliki “daya ledak” yang besar dan cepat terhadap pasar.

Keripik Karuhun menggunakan 2 media, yaitu Facebook dan Twitter untuk mempromosikan produk dan melakukan aktivitas pemasaran. Tujuannya adalah memperkenalkan Keripik Karuhun ke masyarakat dan membuka jalur distribusi di banyak kota. Keripik Karuhun memiliki 2 akun di social media, yaitu akun Facebook dengan alamat facebook.com/keripikkaruhun dan akun twitter @keripikkaruhun. Kedua akun ini berperan aktif dalam dalam menciptakan conversation mengenai Keripik Karuhun kepada audience dan juga berperan sebagai customer service yang menjawab semua pertanyaan audience. Kedua akun kami juga berfungsi untuk mengumumkan lokasi penjualan reseller kami atau disebut PATIH. Kami memilih bahasa komunikasi yang informal, yaitu bahasa campuran Sunda dan Indonesia dan menyebut diri kami ABAH, ternyata banyak yang menyukai cara komunikasi kami. Hanya dalam waktu 1 bulan terjadi peningkatan lebih dari 1000% percakapan tentang Keripik Karuhun di twitter, facebook bahkan sampai ke forum dan beberapa portal e-commerce. Semua percakapan ini menjadi sarana promosi word of mouth yang sangat efektif. Konsumen yang puas setelah mengkonsumsi Keripik Karuhun biasanya akan mengekspresikan melalui twitter dan facebook. Dan ini akan memancing rasa ingin tahu dari teman maupun followernya, disinilah keunggulan social media dalam menciptakan viral effecet. Informasi tersebar dengan cepat dan konsumen dengan sukarela mempromosikan produk kita

 

Saat ini, setiap hari puluhan email masuk ke keripik.karuhun@yahoo.com dengan tujuan ingin menjadi reseller atau PATIH. Silahkan teman-teman yang berminat jadi PATIH langsung email (promosi dikit :p). Dari sisi penjualan, lonjakannya juga luar biasa, hanya 1 bulan setelah dilakukan pemasaran melalui social media, omset penjualan mengalami kenaikan lebih dari 1000%. PATIH-PATIH sangat terbantu oleh social media marketing yang kami lakukan. Mayoritas konsumen mereka datang karena mengetahui dari Facebook dan Twitter. Suatu capaian yang sangat kami syukuri dan sekaligus juga menjadi tantangan untuk mempertahankan kualitas layanan kami.

Jadi untuk teman-teman UKM jangan ragu dan segera manfaatkan social media untuk melakukan pemasaran produk Anda. Dengan social media Anda dapat menutupi kekurangan budget promosi dibandingkan brand-brand besar. Dengan social media UKM dapat berpromosi, jualan sekaligus memperluas distribusi dengan biaya yang murah. Cess heula *ABAHstyle* :p

Filed under: Bisnis

One Response

  1. ikhwanalim says:

    triims, atas insight-nya, mas.

    saya setuju bahwa sekalipun utk UKM, social media tetap tidak bisa digunakan secara sembarangan, atau secara “Asal ada”.

    yang penting, tujuan dan strategi yang akan digunakan sudah ada sejak awal. untuk kasus keripik karuhun di atas adalah, menciptakan conversation dan berperan sebagai customer service🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: