Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

Negara Social Media

Indonesia adalah negara yang memiliki prestasi luar biasa di social media.  Jika disektor ekonomi kita masih masuk kategori negara berkembang, untuk urusan social media kita dapat dikategorikan sebagai negara maju. Mari kita lihat beberapa data yang menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara social media.

Berdasarkan www.checkfacebook.com pada tanggal 10 September 2011, Indonesia menempati peringkat ke 2 negara pengguna Facebook terbesar di dunia dengan jumlah user diatas 40 juta. Kita hanya kalah oleh USA, namun kita bisa mengungguli India yang jumlah penduduknya lebih tinggi dan perkembangan dunia IT sangat maju. Masih dari situs yang sama, menyatakan bahwa rasio pengguna facebook dan pengguna internet di Indonesia adalah 100%, yang artinya semua pengguna internet di Indonesia pasti memiliki akun Facebook.

 

Mengingat penetrasi pengguna internet di Indonesia yang masih kecil dibandingkan jumlah penduduk, dapat dipastikan dalam beberapa tahun ke depan seiring dengan peningkatan pengguna internet, pengguna facebook pun akan semakin meningkat. Dari situs www.socialbakers.com dalam 1 bulan terakhir pertumbuhan user Facebook di Indonesia adalah 940.120 user, meningkat 2,4 % dari periode sebelumnya dan 16,52% penetrasi terhadap total penduduk

 

Untuk twitter, Indonesia adalah negara dengan jumlah user ketiga terbesar setelah USA dan Brazil dan diatas UK. Pada situs http://aworldoftweets.frogdesign.com kita dapat melihat bahwa Indonesia adalah salah satu negara terpanas untuk twitter. Di situs ini level panas suatu negara diukur berdarkan dari jumlah dan frekuensi tweet yang diproduksi oleh negara tersebut. Semakin banyak tweet yang diproduksi, maka negara tersebut akan semakin panas dan berwarna merah pada peta.

Berdasarkan data-data diatas kita dapat berbangga hati akan kiprah Indonesia di social media. Dengan tingginya jumlah user dari Indonesia, maka banyak kejadian di Indonesia yang dalam waktu singkat diketahui di seluruh dunia. Kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan Indonesia kepada dunia, jangan sebaliknya dipergunakan untuk menyebarkan berita buruk tentang Indonesia.

Filed under: Digital/Social Media

One Response

  1. dwiwahyono says:

    mari junjung tinggi rasa socialmedialisme

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: