Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

Nobody Looks Advertising on Purpose

antiiklan3Kalimat tersebut telah diucapkan oleh Howard Goosage, 40 tahun yang lalu. Saya belum lahir pada zaman itu, tapi bisa membayangkan bahwa iklan baik di TV, koran, radio dan bilboard pasti belum se crowded sekarang. Secara di Indonesia, dulu baru ada TVRI aja belum ada TV-tv swasta lainnya.

Padahal dulu jumlah produk pun belum sebanyak sekarang, sehingga otomatis produk yang diiklankan pun masih sangat sedikit. Wah, kalo zaman dulu aja orang udah gak suka ngeliat iklan, bisa dibayangkan bagaimana persepsi orang terhadap iklan saat ini. Sekarang kita udah seperti dikepung oleh iklan dari segala penjuru, everywhere you looks, there’s always ads. Hampir semua media sudah dipenuhi oleh iklan, seperti TV, koran, majalah, radio, website, sms hp, bilboard, fly over, bis, bahkan sekarang (maaf) lagi pipis pun, di depan kita ada iklan.

So, apa yang dapat dilakukan oleh masyarakat periklanan, baik dari produk maupun agency periklanan? Kondisi ini merupakan PR terbesar bagi masyarakat periklanan. Sudah bukan rahasia lagi kalau tingkat tolakan terhadap iklan sudah sangat tinggi. Tingkat perpindahan channel TV (zipper) pada saat commercial break sangat tinggi. Demikian juga terhadap iklan-iklan pada media lainnya, seperti koran, radio dan bilboard. Pada new media seperti internet, tingkat CTR terhadap suatu iklan sangat rendah, hanya berkisar 1%. Pada media HP, orang cenderung antipati terhadap sms blast karena mereka tidak pernah diminta izin untuk dikirim iklan, padahal HP adalah barang yang sangat personal.

Para marketer harus mengetahui kenapa apresiasi orang terhadap iklan sangat rendah. In my point of view, faktor utamanya adalah terlalu banyak iklan yang berisi produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Ilustrasinya seperti ketika kita mengikuti suatu milis yang kita suka topiknya, tiba-tiba ada yng posting topik yang tidak sesuai dengan topik milis, pasti kita merasa sangat terganggu. Alasan berikutnya adalah target market kita tidak tau atau merasakan benefit secara langsung dari iklan tersebut. Mereka tidak sadar bahwa sinetron atau berita di TV dibiayai oleh pengiklan. Sehingga alih-alih berterima kasih alah merasa terganggu. Alasan terakhir, ini terutama berlaku di media personal, always ask for permission. Jangan Anda seenaknya mengirim iklan dan mendapatkan keuntungan tanpa meminta izin kepada target market, padahal Anda menggunakan barang mereka yang sangat personal, seperti HP.

Jadi, kesimpulannya para pemilik produk dan agency iklan, gak usah pesimis. Masih banyak cara-cara kreatif untuk mendeliver message produk anda ke konsumen atau calon konsumen, selama  Anda memperhatikan 3 hal berikut ini, yaitu :

1. Kirimkanlah informasi iklan yang sesuai dengan karakteristik penerima iklan. Orang akan senang menerima iklan, asalkan sesuai dengan kebutuhannya. Bahkan iklan itu dapat menjadi informasi berharga baginya. Contoh, ibu-ibu yang senang belanja, malah akan merasa bete kalau dia tidak mendapat informasi lagi ada great sale di suatu tempat. Kalau Anda mengirim informasi tersebut kepada mereka, mereka malah akan berterima kasih kepa Anda. Selain itu, dengan hanya mengirim informasi ke target yang tepat, Anda juga menghemat biaya promosi dan memastikan tidak ada yang terbuang sia-sia.

2. Berikan benefit yang dapat dirasakan secara langsung oleh target market Anda, misalnya mendapatkan poin, voucher atau penawaran menarik lainnya. Dengan begitu mereka akan lebih mengapresiasi iklan Anda.

3. Khusus untuk media personal, pastikan Anda telah meminta izin terlebih dahulu kepada mereka sebelum mengirim iklan. Jangan sampai target market Anda merasa dieksploitasi oleh produk perusahaan Anda, ini akan menjadi backfire bagi campaign promosi Anda.

Filed under: Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: