Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

Pemilihan Media Promosi

mediaPromosi merupakan salah satu bagian penting dari kegiatan pemasaran. Dahulu saat barang dan jasa belum sebanyak sekarang, para produsen cukup memastikan ketersediaan barangnya di pasar. Namun disaat ketersediaan barang dan jasa semakin banyak seperti sekarang, promosi merupakan aktivitas wajib yang harus dilakukan. Tanpa promosi produk Anda bagaikan air di samudera, teronggok di antara lautan pilihan produk-produk lainnya.

Promosi adalah kegiatan mengkomunikasikan produk Anda kepada konsumen. Sehingga promosi merupakan bagian langsung dari kegiatan pemasaran. Semua kegiatan promosi harus terintegrasi dengan pemasaran, disesuaikan dengan program dan target dari divisi pemasaran.

Salah satu agenda penting dari promosi adalah menentukan media promosi yang paling tepat. Parameter yang paling penting adalah karakteristik dari target market yang dituju, baik secara geografis, demografis dan sosiografis. Dengan memahami target market kita, baru kita bisa menentukan media mana yang paling tepat untuk promosi produk kita.

Setiap media punya karakteristik masing-masing, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan promosi kita. Data media secara detail dapat diperoleh dari lebaga survey, seperti nielsen. Secara umum karakteristik media dapat dideskripsikan seperti berikut :

Media

Kekuatan

Kelemahan

Surat Kabar Fleksibilitas,ketetapan waktu, coverage bisa local dan nasional, penerimaan luas, dapat dipercaya, Iklan dapat ditempatkan di lokasi yang potensial, Waktu pemaparannya cukup baru, Pembaca melakukan control terhadap paparan, Dapat menggunakan kupon Umur informasi relative pendek, kualitas cetakan dan gambar jelek, audience terbatas yang meneruskan informasi, Kemampuan menarik perhatian rendah, Pembaca yang terpapar terseleksi
Televisi Kombinasi visual, audio dan gerak, perhatian audience tinggi, jangkauan luas, prestisius, prestisnya tinggi, Biaya rendah per tiap orang yang terpapar, Mencapai perhatian yang tinggi, Mencapai citra yang positif Biaya tinggi, segmentasi kompleks, pemaparan cepat, kurang dapat menyeleksi audience, frekuensi pemasangan harus sering dan berulang, Biaya absolute tinggi, Biaya produksi tinggi
Radio Banyak pendengar, seleksi demografis dan geografis, dipercaya dan biaya relative murah, frekuensi paparan tinggi, fleksibel, Biaya produksi rendah Hanya audio, perhatian audience rendah dibandingkan dengan TV, pemaparan cepat, mudah lupa
Majalah Seleksi segmen lebih akurat, dipercaya, kualitas gambar dan cetakan baik, informasi berumur panjang, penerusan informasi cukup baik, Isi dan informasi tinggi Audience harus membeli dengan harga tinggi dibandingkan dengan surat kabar, tenggang pemuatan yang lama, tidak ada jaminan mendapat posisi pemuatan yang baik, hanya visual, Fleksibilitas terbatas
Handphone Peer to Peer, Personal segmented, Targeted, Akurat, Two way communication, Interaktif,Pengukurannya mudah, Visual Dinamis, Biaya produksi rendah, Iklan bisa disimpan dan tidak mudah hilang, Bisa diakses kapan dan dimana saja, Biaya murah Ada keterbatasan infrastruktur data, jenis handphone berbeda-beda, Masih dalam proses edukasi pasar, Tidak bisa terlalu banyak tulisan
Outdoor Fleksibel, mudah diubah, murah, relative ekslusif, pengulangan pemaparan tinggi Seleksi audience rendah, kreativitas rendah, tergantung regulasi daerah
Brosur/Folder Informasi yang diberikan spesifik, langsung ditujukan pada personal, biaya murah, Daya rangsang bisa kuat dan bisa renda tergantung atas daya tarik visual yang ditampilkan Cenderung diabaikan jika isinya tidak menarik atau tidak berhubungan dengan kebutuhan, Ruang pesan ditentukan/dibatasi oleh kemampuan biaya
Banner, Poster Daya jangkau dan raihan cukup besar, biaya produksi murah Daya rangsang rendah, informasi yang ditampilkan terbatas, Biaya pajak dan perizinan tinggi, Keamanan kurangt terjamin, Jika posisinya tidak strategis, segmentasi yang dituju tidak tercapai.
Billboard, Neonbox Daya jangkau dan raihan cukup besar, daya rangsang cukup tinggi Biaya produksi, perawatan, perizinan, dan pajak tinggi. Informasi yang ditampilkan terbatas, Jika posisinya tidak strategis atau tidak tepat, segmentasi yang dituju tidak tercapai.

Filed under: Bisnis

2 Responses

  1. bisniselite says:

    Bener sekali..
    biarpun sudah pasang iklan jika sasaran nya gak tepat juga bakalan sulit dapat pembeli. Jadi baiknya di tentukan dulu target pasarnya. Terimakasih postingannya cukup membantu

  2. melinda souisa says:

    saya mau jadikan tema ini sebagai bahan TA saya, tapi saya bingung, kira-kira ini memerlukan analisis data statistik seperti S1 dgn program SPSS tidak ya? karena dosen saya tidak mengizinkan

Leave a comment

Top Clicks

  • None

RSS Unknown Feed

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 479,104 hits

Bookmark Blog