Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

Modal Bisnis No 1

Banyak orang yang ragu memulai usaha dengan berbagai alasan. Mungkin yang paling sering kita dengar adalah kekurangan modal. Selain itu ada juga yang ragu dengan kemampuan manajemen atau pengelolaan, tidak punya pasar, tidak ada networking, tidak punya sdm yang bagus, tidak ada waktu, tidak ada ide bisnis dll.

Faktor-faktor di atas memang merupakan komponen untuk membangun suatu bisnis. Nyaris tidak ada bisnis di dunia ini yang bisa dimulai tanpa modal. Udah bosan lah kalo kita mendapat penawaran bergabung dalam suatu bisnis yang tidak memerlukan modal sama sekali, karena biasanya hasilnya juga nol besar. Selain modal, kita juga mesti memiliki kemampuan manajemen, memiliki pasar buat produk atau jasa kita, memiliki sdm yang berkualitas dan juga memiliki networking untuk kerjasama.

Saya setuju dengan keharusan untuk memiliki semua hal di atas untuk memulai suatu usaha. Tapi menurut saya kalo sekarang anda belum memiliki salah satu atau beberapa dari hal diatas bukan berarti anda tidak bisa memulai berbisnis. Karena faktor-faktor di atas bisa anda usahakan atau anda cari, mungkin agar lebih jelasnya saya deskripsikan seperti ini :

1. Tidak punya/kurang modal

Banyak cara untuk mengatasi masalah ini. Anda bisa meminjam uang ke bank atau pun investor pribadi dengan berbagai pola kerjasama.

2. Tidak punya ide bisnis

Bisnis tidak mesti dimulai dengan ide orisinil. Salah satu cara memulai bisnis saat ini adalah dengan ATM (Amati, Tiru & Modifikasi) dari bisnis yang sudah ada. Banyak pebisnis yang menggunakan cara ini, dan beberapa lebih baik dari bisnis yang mereka amati.

3. Tidak punya/kurang kemampuan manajemen

Anda bisa kerjasama dengan teman atau partner yang punya kemampuan di bidang yang anda merasa kurang, misalnya anda merasa kurang di bidang keuangan maka anda bisa kerja sama dengan teman yang punya background akuntansi.

4. Tidak punya/kurang pasar

Selama anda punya produk atau jasa yang layak dijual dan punya keunggulan, anda tidak perlu khawatir dengan pasar. Saat ini begitu banyak metode pemasaran yang bisa dilakukan, seperti lewat internet, direct selling, advertising, mulut ke mulut dll.

5. Tidak punya/kurang networking

Networking bisa dimulai dengan mengikuti asosiasi bisnis, milis bisnis dll. Dengan melakukan hal tersebut anda bisa mendapatkan supplier yang baik dan pengembangan jaringan pemasaran dan juga tenaga kerja.

6. Tidak punya/kurang sdm berkualitas

Banyak metoda yang bisa dilakukan untuk mendapatkan SDM yang berkualitas. Bisa mencari referensi dari teman atau kenalan atau bisa juga melalui iklan lowongan pekerjaan. Sekarang juga banyak perusahaan yang bisa membantu kita mencari sdm seperti Jobsdb dll.

7. Tidak punya/kurang waktu

Ada beberapa alternatif untuk mengatasi masalah ini. Anda bisa cari partner yang anda percaya buat menjalani usaha sehari-hari atau anda bisa mulai dengan bisnis franchise yang udah punya sistem operasional baku.

Jadi selama masih bisa kerja sama dengan pihak lain, anda tidak perlu khawatir dengan kekurangan saat ini. Yang perlu dirisaukan kalau tidak ada orang yang mau kerja sama dengan anda. So, menurut saya modal bisnis yang paling penting itu adalah KEPERCAYAAN dan KREDIBILITAS. Tanpa itu, mau anda punya duit gede atau pun networking yang kuat pasti bisnis anda akan sulit berkembang. Karena tidak ada yang mau kerjasama dengan anda. Supplier tidak percaya buat ngasih pembayaran mundur, sementara di bisnis itu sangat penting buat menjaga cashflow. Pasar juga ragu untuk beli produk atau jasa anda, karena mereka tidak percaya dengan kualitas yang dijanjikan. Karyawan atau partner juga takut untuk kerja dengan anda, karena mereka takut anda tidak kommit dengan perjanjian kerja. Apalagi investor atau perbankan, mereka pasti tidak akan mau menanamkan uangnya kepada orang yang tidak bisa dipercaya.

So, mulai saat ini baik-baik deh anda jaga track record anda di dunia bisnis, karena informasi sekecil apapun pasti akan menyebar dengan cepat. Janggan pernah melanggar komitmen dengan partner usaha anda. Kalau ada masalah segera diselesaikan tanpa merugikan pihak lain. Jangan sampai anda rusak yang namanya KEPERCAYAAN dan KREDIBILITAS, karena itu adalah aset anda yang paling berharga dan tidak terukur nilainya. Dengan memiliki kedua hal tersebut, tidak peduli sesulit apapun kondisi anda saat ini, insyaAllah selama masih banyak orang yang percaya sama anda maka anda pasti akan menjadi pengusaha yang sukses.

Dedicated to my friend, “You know this as much as I do, please don’t broke your credibility”

 

 

Filed under: Bisnis, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

3 Responses

  1. Jusanto says:

    Setuju bgt bahwa Kepercayaan dan Kredibilitas adalah yang terpenting.

  2. Kebetulan nih…

    Saya lagi cari partner yang mengerti di bidang disain interior. bisa lihat situs saya di: http://interiorkantor.com

    thank you so much yoserizal.com!!

  3. duwa says:

    saya sudah 2 tahun menjalani usaha bisnis telur ayam ras dengan 2 kios. saya ingin membesarkan bisnis ini. saya butuh patrner yang punya pengalaman dalam bisnis ini.

    a. wijaya
    hp 081325725348

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: