Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

Make New Business

Mungkin banyak diantara kita yang sangat fokus dengan satu jenis bisnis yang kita jalani. Kita sangat menyenangi bisnis kita tersebut dan tidak tergerak untuk mengerjakan hal lain. Hal tersebut bukan merupakan hal yang negatif, karena semakin kita fokus pada suatu hal maka hasilnya juga akan semakin baik.

Namun ada satu hukum yang berlaku dalam dunia bisnis, bahwa satu2nya kepastian dalam bisnis adalah ketidakpastiannya. Mengingat hal tersebut akan sangat bijak bagi kita untuk tidak terlalu mengandalkan pada satu bidang usaha saja. Karena sebaik apapun kita berusaha, mungkin saja ada faktor ekternal di luar kita yang kita tidak bisa kendalikan, seperti kenaikan harga minyak, inflasi, turunnya nilai mata uang rupiah dsb.

Seorang pengusaha sukses di kota Bandung, pernah mengatakan strategi bisnisnya bahwa ia selalu membuka usaha baru ketika usaha lamanya sedang menanjak. Artinya ia sudah mempersiapkan sumber pemasukan baru, ketika sumber pemasukan lamanya masih berjalan lancar. Padahal banyak orang yang akan terlena dengan kondisi tersebut dan tidak merasa butuh untuk punya usaha baru karena usahanya yang sekarang lagi running well.

Kebanyakan orang baru berpikir bikin usaha baru ketika usaha lamanya sedang trouble. Padahal ketika kondisi ini terjadi bisa dibilang sudah agak terlambat. Dia akan sangat kekurangan modal, tenaga dan ide2 segar untuk memulai usaha baru. Pikiran dan tenaganya udah terkuras untuk menyelesaikan persoalan di usaha lamanya.

Beda ceritanya kalo usaha barunya udah dirintis ketika usaha lamanya sedang naik daun. Dia masih punya banyak modal, tenaga dan ide2 segar untuk memulai. Sehingga usaha yang dicreatenya pun akan maksimal. Dengan model strategi bisnis seperti ini, pengusaha tersebut saat ini telah memiliki belasan outlet di bandung dan beberapa diantaranya menjadi pioner dan market leader di bidangnya.

So, jangan ragu2 untuk memulai sesuatu yang baru, especially ketika usaha kita sedang bagus. Cause, kita ngga pernah tau apa yang bakal terjadi besok di dunia yang penuh ketidakpastian ini

Filed under: Bisnis, , , , , , , , , , , , , ,

2 Responses

  1. puspa bintang says:

    makasih emailnya..saya terima email anda dari info_usaha@yahoogroups.com.
    artikel2nya sangat berguna. Sukses untuk anda.

  2. taro says:

    thanks mas atas lampunya,
    saran yang bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: