Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

CHOICE

Coba loe tanya sama mahasiswa, semester apapun…. Apa yang akan mereka lakukan setelah lulus kuliah. Mungkin jawaban yang mendominasi adalah :
1. Kerja di BUMN, seperti telkom, pertamina dll
2. Kerja di MNC, seperti freeport, caltex dll
3. Kerja sebagai PNS
4. Ngga/Belum tau
dan mungkin sebagian kecil akan menjawab : USAHA SENDIRI, tapi belum tau mau usaha apa…
Fenomena yang terjadi adalah menjadi pengusaha merupakan pilihan terakhir dan terpaksa. Ketika tidak diterima bekerja dimana-mana, maka menjadi pengusaha baru menjadi pilihan daripada ngangur. Ironis memang, but that’s an inconvenient truth (thx for mr. al gore). Pilihan hidup yang dipilih oleh Rasulullah SAW dan sebagian besar sahabatnya hanya dijadikan pilihan terakhir oleh para alumni perguruan tinggi kita, bahkan yang terkemuka sekalipun.
Kenapa ini terjadi???
Gue rasa ada beberapa faktor yang menyebabkannya :
1. Sistem Pendidikan
Gue bukan pakar atau pemerhati dunia pendidikan. So, analisa ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi sebagai ex-mahasiswa angkatan 1997. Dari 144 SKS yang wajib ditempuh sampai lulus, hanya 2 SKS yang mengajarkan tentang kewirausahaan, dan itu pun sifatnya hanya teori ngga ada prakteknya. So, ngga salah kan kesimpulan gue?
2. Orang Tua
Ngga ada orang tua yang ngga pengen anaknya sukses. Jadi ini hanya bersifat perbedaan sudut pandang kriteria sukses aja. Mungkin jawaban yang membanggakan dari pertanyaan : “Anaknya sudah lulus ya pak…. Sekarang dimana?” adalah “Alhamdulillah, sekarang dia lagi di Papua kerja di Freeport” daripada “Alhamdulillah, sekarang jualan pulsa di BEC”.
3. Masyarakat
Orang lebih menghargai sesuatu yang bersifat rutinitas, seperti Senin-Jumat pergi dari rumah jam 6.00 dan pulang jam 20.00 daripada yang jadwalnya ngga rutin seperti pengusaha, kadang pergi pagi, kadang siang tergantung kebutuhan aja….
So, dengan kondisi seperti ini ketika ada mahasiwa yang menjawab lantang “GUE MAU JADI PENGUSAHA” kita harus memberi “TWO THUMBS UP” kepadanya. Karena dia sudah memutuskan berani menjadi bagian dari kelompok kecil yang berbeda….   

 

Filed under: Motivasi, , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 434,274 hits

Bookmark Blog

%d bloggers like this: