Life – Dreams = Job

Icon

Let's discuss about business and marketing, especially mobile marketing, just tweet me @yoseazka

BAB VI Proyeksi Penjualan

BAB 6            PROYEKSI PENJUALAN

Proyeksi penjualan dilakukan berdasarkan data dan fakta, baik dari bisnis kita maupun dari kondisi global lainnya.

  • 6.1 Strategi Penjualan

Strategi penjualan berbeda dari strategi pemasaran. Penjualan merupakan rangkaian penutup dari kegiatan pemasaran. Strategi penjualan meliputi proses :

  • Closing prospek
  • Penggajian tenaga penjualan
  • Optimalisasi proses pemesanan
  • Strategi harga, pengiriman dan kondisi lainnya
  • Bagaimana menjual pada segmen pasar tertentu

Contoh (Taman Hiburan):

Kami akan menyediakan venue untuk semua anggota keluarga dapat melakukan aktivitas permainan yang menyenangkan, menghibur dan mendidik, serta tidak membutuhkan kekutan fisik dan kemapuan atletik. Semua layanan ini didukung oleh pelayanan yang baik dan harga yang kompetitif.

Strategi penjualan kami adalah memuaskan pelanggan, sehingga mereka akan datang lagi dan mempromosikan kepada relasinya..

  • 6.2 Strategi Penetapan Harga

Jelaskan tentang strategi penetapan harga dengan berbagai faktor penentunya, seperti nilai tambah, positioning, competitor, daya beli dll.

Contoh (Taman Bermain):

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor, terutama kenaikan BBM, daya beli masyarakat dan harga jual competitor maka harga jual kegiatan di taman hiburan seperti pada table di bawah ini

Jenis Permainan

Harga

Penjualan

Flying Fox

Rp. 20.000,-

2500/bulan

ATV

Rp. 25.000,-

2500/bulan

Trampolin

Rp. 20.000,-

2000/bulan

Go-carts

Rp. 20.000,-

3000/bulan

Horse Riding

Rp. 7.000,-

5000/bulan

  • 6.3 Strategi Promosi

Jelaskan tentang strategi promosi, bagaimana menyampaikan pesan tentang produk kita kepada calon konsumen. Pilih media promosi yang sesuai dengan strategi promosi.

Contoh (Produk Otomotif) :

•1. Press Release dan iklan media cetak otomotif nasional

•2. Iklan radio otomotif di setiap kota jaringan distribusi

•3. Event off air dengan komunitas otomotif

•4. Direct email pada milis otomotif

•5. Reward kepada distributor dengan penjualan sesuai target

•6. Gathering dengan blogger

  • 6.4 Table Proyeksi Penjualan

Tabel ini menjelaskan tentang proyeksi penjualan per produk dan jasa serta biaya aktivitas penjualan tersebut.

Contoh Table :

Sales Growth Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des 2009 2010 2011
Prd.A
Prd.B
Prd.C
Total
DCOS Growth Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des 2009 2010 2011
Prd.A
Prd.B
Prd.C
Total

  • 6.5 Ringkasan Tabel Proyeksi Penjualan

Berisi penjelasan tentang table proyeksi penjualan. Beri penekanan pada faktor-faktor utama dan jelaskan tentang asumsi yang dipakai, seperti :

  • Berapa tingkat pertumbuhan yang dipakai?
  • Apa alasan proyeksi penjualan pada tingkatan diatas?
  • Apa faktor penggerak utama dibalik proyeksi penjualan
  • Bagaimana korelasinya dengan analisa pasar, target segmen utama, strategi penjualan dan strategi pemasaran?
  • Apa yang dapat menyebabkan proyeksi tersebut tidak tercapai?
  • Faktor apa yang paling menentukan dalam pencapaian proyeksi penjualan?

Contoh (Taman Bermain) :

Penjualan dibandingkan dengan jumlah penduduk, termasuk turis dan pendatang

  • 10% dari jumlah penduduk, 4.321.000 jiwa, dengan rata-rata belanja Rp. 30.000,- per kunjungan dengan jumlah kunjungan 2 kali per tahun.
  • Proyeksi pemasukan = 10%x4.321.000xRp. 30.000,-x2= Rp. 25.926.000.000,-

Peningkatan pada tahun berikutnya terjadi karena penambahan jenis atraksi dan pembukaan kafe baru. Proyeksi penjualan dilakukan untuk 3 tahun dengan tingkat pertumbuhan sebesar 11%.

Tngkat pertumbuhan ini terjadi dengan asumsi tidak ada inflasi tinggi dan pembukaan tempat hiburan baru dalam radius 10 km2.

  • 6.6 Program Penjualan

Bagian ini berisi informasi program penjualan dalam bentuk table, dengan jadwal kegiatan, PIC, deadlines dan anggaran.

Contoh :

Kegiatan PIC Tanggal Mulai Tanggal Selesai Anggaran
Keg. A
Keg. B
Keg. C
  • 6.7 Kesimpulan

Blog Stats

  • 386,227 hits

Bookmark Blog

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: